Sukses

Jokowi Beri Tips Cara Menangkan Pemilu ke Kader PSI

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara ulang tahun ke-4 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.

Dalam sambutannya, Jokowi memberikan tips kepada para kader PSI bagaiamana memenangkan pemilu dan meraih hati pemilih pada Pileg 2019 mendatang.

Awalnya, Jokowi menceritakan perjalanan karir politiknya saat maju sebagai Walikota Solo, pada 2004 silam. Ketika itu, ia mengaku belum dikenal oleh warga Solo.

"Tanya ada orang Solo d sini, tanya di Solo siapa yang kenal namanya Jokowi, enggak ada," tutur Jokowi saat memberikan sambutannya di ICE BSD, Tangerang Banten, Minggu, 11 November 2018.

Meski belum dikenal banyak orang, Jokowi mengaku tetap optimis mengikuti pemilihan Wali Kota Solo. Ia pun mendatangi langsung masyarakat dari rumah ke rumah, dari pagi sampai malam.

"Tapi dapat hanya 37 persen. Enggak apa-apa saya bilang, yang penting saya menang," ucap Jokowi.

Pada periode kedua menjadi Wali Kota Solo, Jokowi mengaku melakukan hal yang sama. Mendatangi warga dan pemilih dari rumah ke rumah. Dia tidak mengumpulkan massa dan menggelar kampanye akbar di lapangan terbuka.

"Dari pintu ke pintu, jelaskan apa yang sudah saya kerjakan. Di Solo ada kartu sehat, kartu pintar juga, ada pembangunan pasar, itu yang saya ceritakan berulang-ulang, setiap saya masuk dari pintu ke pintu," kata Jokowi.

Dengan usahanya menemui warga dari rumah ke rumah, Jokowi mengaku mendapat hasil yang memuaskan. Ia kembali memenangkan pemilihan wali kota. 

"Dari 37 persen meloncat ke 90,1 persen," ucap Jokowi.

Selain di Solo, cara serupa juga dilakukannya saat maju sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta 2012 lalu. Lagi-lagi, Jokowi mengaku mendatangi warga dari kampung ke kampung, bahkan hingga ke pasar tradisional.

Padahal, kata dia, ketika itu warga Ibukota sama sekali belum mengenali siapa dirinya.  "Siapa yg kenal namanya Jokowi, saat kita masuk sebagai calon Gubernur di Jakarta, di kampung, di pasar enggak ada," terang Jokowi. 

2 dari 2 halaman

Tiru Gaya Blusukan

Oleh sebab itu, Jokowi berharap semua kader PSI untuk bisa meniru pengalamannya dalam memperkenalkan diri kepada masyarakat sebagai calon anggola legislatif. Apalagi, kata Jokowi, kader PSI yang maju sebagai anggota dewan adalah para generasi muda.

"Jangan sampai kita ini memiliki tenaga yang berlebih, belum lagi mengeluarkan tenaga dalam yang juga masih kita punyai tapi tidak kita lakukan. Sekarang masyarakat sudah tahu siapa PSI. Sekarang tinggal dari pintu ke pintu itu, yang harus kita lakukan," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Momen Jokowi Dengarkan Indonesia Pusaka yang Dinyanyikan Anak Papua
Artikel Selanjutnya
GP Ansor Minta Jokowi Tiru Gaya Gus Dur Redam Konflik Papua