Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Ma'ruf Amin Bantah Bikin Hoaks Peluncuran Esemka

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin membantah menyebarkan hoaks soal peluncuran mobil Esemka pada Oktober 2018 lalu. Dia mengaku hanya mendengar dari pihak lain terkait peluncuran Esemka, tanpa menyebut sumbernya.

"Masak saya (bikin hoaks). Esemka itu orang, saya hanya mendengar ada orang yang akan meluncurkan mobil tersebut," kata Ma'ruf Amin di kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Ketua Umum Nonaktif Majelis Ulama Indonesia itupun mengatakan, produksi mobil Esemka tak ada hubungannya dengan pemerintah Joko Widodo. Pabrik Esemka dikerjakan oleh perusahaan swasta, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

"Enggak ada urusannya pemerintah itu mah," ucap Ma'ruf Amin.

Dia hanya mendengar, PT SMK ingin memproduksi mobil Esemka. Namun, dia sendiri tak ikut campur dalam proses tersebut.

"Ada orang mau memproduksi. Saya tanya ya mau jadi mau enggak urusan orang itu. Saya ngebohongin siapa?" ujar Ma'ruf Amin.

 

2 dari 3 halaman

Pernyataan Ma'ruf Amin

Esemka, mobil buatan dalam negeri itu kembali ramai diperbincangkan karena dikabarkan akan diproduksi massal. Ma'ruf sempat menyebut Oktober bakal ada peluncuran mobil yang pernah didukun Jokowi ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis 27 September 2018.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jaksa Agung ST Burhanuddin: Anak yang Pergi Sudah Kembali
Artikel Selanjutnya
Adly Fairuz Ajak Calon Istri Bertemu Wakil Presiden Ma'ruf Amin