Sukses

Mengenal Acara WPI yang Akan Dihadiri Ratna Sarumpaet di Chile

Ratna Sarumpaet berencana pergi ke Chile untuk menghadiri acara Women Playwrights Conference. Acara apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno-Hatta, saat hendak terbang ke Chile, Amerika Selatan. Kepergian Ratna dibatalkan karena akan dimintai keterangan terkait kasus hoaks yang menjeratnya.

Ratna Sarumpaet berencana pergi ke Chile untuk menghadiri acara Women Playwrights Conference. Agenda tersebut berlangsung selama 6 hari.

Lantas, apakah acara Women Playwrights International Conference (WPIC)?

Dikutip dari themagdalenaproject.org, Jumat (5/10/2018), WPIC merupakan konferensi yang mengundang wanita dari puluhan negara untuk bertemu, membangun koneksi, dan menciptakan hubungan yang tulus dan bertahan lama antardramawan dan ahli teater.

WPI sendiri didirikan pada 1988 dan mengadakan konferensi pertamanya di Buffalo, New York, Amerika Serikat. Women Playwrights International (WPI) Conference 2018 adalah konferensi ke-11 WPI yang diadakan di Kota Santiago, Chile, pada 7-12 Oktober 2018. Tema yang diangkat pada konferensi tahun ini adalah territory, society and female playwriting (wilayah, masyarakat, dan wanita yang menulis drama).

Di balik aktivitas politiknya, Ratna juga adalah seorang penulis naskah dan sutradara teater. Ibu Atiqah Hasiholan ini terkenal dengan pementasan monolog "Marsinah Menggugat".

Mantan Ketua Dewan Kesenian Jakarta ini juga menulis skenario dan menjadi sutradara untuk film "Jamila dan Sang Presiden" yang memenangkan Youth Prize dan Public Prize dari Vesoul International Film Festival, Prancis, di tahun 2010.

Selain menjadi aktivis HAM, Ratna Sarumpaet juga tidak melupakan aktivitas teaternya dengan menjadi pengurus International Women Playwright (IWP). (Melissa Oktavianti)

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disponsori Pemprov DKI

Pemprov DKI Jakarta memberikan sponsor kepada aktivis Ratna Sarumpaet guna menghadiri konferensi internasional di Chile. Pemberian sponsor itu disebut sudah melewati persetujuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta Asiantoro menyatakan, surat permohonan dari Ratna diterima oleh Anies Baswedan pada 19 Februari 2018 dan disposisi ke Dinas Pariwisata.

"Disposisi Pak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan," kata Asiantoro pada keterangan persnya di Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Dia menjelaskan, surat permohonan tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Bidang Nilai Sejarah dan Budaya Disparbud dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD). Sebab, Asiantoro menyebut biaya perjalanan dinas merupakan tupoksi Biro ASD.

"Dinas Parbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Woman Playwrights International. Dijadwalkan Bu Ratna akan tampil di pembukaan pada 7 Oktober 2018," ucapnya.

Awalnya Pemprov DKI Jakarta menerima surat permohonan dari Ratna pada 31 Januari 2018. Pada suratnya, Ratna meminta untuk difasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Chile, yang rencananya berlangsung pada 7-12 Oktober 2018.

Dalam surat tersebut, Ratna Sarumpaet menjelaskan bahwa dalam konferensi tersebut dia ditunjuk sebagai salah satu anggota senior. Tak hanya itu, dalam kegiatan itu Ratna juga diundang sebagai salah satu juru bicara.

"Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.