Sukses

Viral Video Penjarahan di Palu, Begini Kata Jokowi

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun turut memastikan pengiriman bantuan akan dikawal pasukan TNI dan Polri.

Liputan6.com, Palu - Sebuah video amatir yang diunggah akun @makassar_iinfo di media sosial viral. Dalam keterangannya, dijelaskan bahwa ada sebuah mobil bak terbuka yang mengangkut bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (1/10/2018), di tengah perjalanan, tepatnya di Pasangkayu menuju Donggala sejumlah warga mengejar mobil dan menjarah bantuan. Diperkirakan kardus-kardus yang diambil paksa ini berisi obat-obatan.

Di Palu, beredar pula video yang menunjukkan warga mengambil barang tanpa ijin di toko-toko yang terdampak gempa. Video ini memang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Tapi, menanggapi beredarnya informasi penjarahan, Presiden Joko Widodo menegaskan tidak ada pengambilan paksa barang dan makanan di Palu termasuk pasokan bantuan.

"Saya tidak melihat di lapangan seperti itu, karena toko-toko tutup. Karena ada juga toko yang memberikan, yang ingin membantu," kata Presiden RI Joko Widodo.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun turut memastikan pengiriman bantuan akan dikawal pasukan TNI dan Polri.

"Saya bersama Pak Kapolri terus memantau pengawalan bahan bantuan dari Mamuju ke Palu agar sampai ke masyarakat itu aman," jelas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Panglima juga memastikan bantuan akan terus berdatangan untuk memenuhi kebutuhan para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. (Rio Audhitama Sihombing)Â