Sukses

Film 'Jepang Shoplifters' Hiasi Penutupan Festival Balinale 2018

Balinale mengadakan workshop tentang pembuatan film bagi para pengunjung dan penonton yang datang ke festival.

Liputan6.com, Jakarta Bali International Film Festival 2018 atau yang popler dikenal dengan nama Balinale ini telah menayangkan lebih dari 90 judul film karya 30 lebih negara yang hendak dilaksanakan pada 30 September lalu.

Tahun ini Balinale memilih Cinemaxx Lippo Mall Kuta dan Plaza Renon Denpasar sebagai lokasi perhelatan festival film.

Balinale pun juga mengumumkan siapa saja pemenang dari kompetisi film di festival tahun ini.

Tak hanya menayangkan film-film karya sutradara yang masuk dalam nominasi saja, festival ini pun juga mengadakan kegiatan-kegiatan lain seputar dunia perfilman.

Dilansir dari buletindewata.com, simak kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Binale berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan Bertemakan Dunia Perfilman

Saat puncak acara berlangsung pada 30 September, Binale 2018 kali ini membuat workshop gratis bagi para pengunjung yang datang.

Workshop tersebut melingkupi restorasi film-film arsip, penata rias spesial efek dalam pembuatan sebuah film, cerita lokal dalam perfilman, dan audisi untuk kamera.

Disini para pengunjung juga dapat mempraktikkan langsung bagaimana pengoperasian kamera dalam pengambilan gambar untuk keperluan film. Komunitas kreatif Bali pun juga ikut membagikan dasar dari pembuatan sebuah film.

Festival ini ditutup dengan penayangan film berjudul Jepang Shoplifters yang disutradarai oleh Hirokazu Koreeda, beliau merupakan pemenang dari Cannes Palmes d'Or 2018.

3 dari 3 halaman

Penghargaan Bagi Pendukung

Deborah Gabinetti selaku pendiri festival Balinale ini memberikan penghargaan baru untuk mengapresiasi salah satu pendukung loyal festival Balinale.

"Gary merupakan seseorang yang instrumental dalam mendidik bakat-bakat di seluruh nusantara, memberikan kesempatan bagi banyak senias yang sekarang telah sukses, dan juga membantu generasi yang berbakat untuk memenuhi potensi mereka. Sungguh merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk mengumumkan pendirian dari Annual Gary L Hayes Award for Emerging Indonesian Filmmaker,” ujar Deborah saat ditemui di festival Balinale Minggu (30/9).

 

Penulis: Immanuela Harlita Josephine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.