Sukses

Roland Joffe Pamerkan Film-Film Oscarnya di Festival Film Balinale

Sutradara ternama Roland Joffe ikut hadir dan memamerkan film-filmnya di Bali International Film Festival (Balinale) 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Sutradara asal Inggris Roland Joffe menjadi sorotan dalam Festival Film Internasional Balinale 2018 yang diadakan di Bali, 24-30 September 2018. Ia menjadi tokoh kunci di konferensi industri BalinaleX Minggu, 28 September 2018.

Dilansir dari Variety, sepanjang festival film tersebut Joffe hadir untuk menayangkan film-filmnya antara lain “The Killing Fields”, “The Mission”, “Vatel, dan film terbarunya “The Forgiven”. Karya-karya Joffe sendiri telah menerima beberapa penghargaan bergengsi.

Filmnya “The Killing Fields” merupakan film garapannya yang telah memenangkan tiga Piala Oscar. Sedangkan film Joffe lainnya, “The Mission” merupakan pemenang dari festival film bergengsi Palme d’Or tahun 1986. Kedua film tersebut juga membuatnya mendapat nominasi Oscar kategori Best Director.

Kehadiran Joffe menjadi gravitasi dari keseluruhan acara festival film tersebut. Ia pun membagikan pengalaman-pengalamannya dengan pekerja industri kreatif lainnya.

Acara lain yang juga diadakan pada Balinale tahun ini antara lain lokakarya tentang akting, pembuatan film, pengarsipan, dan restorasi. Ada juga sesi yang menayangkan film-film aborigin yang memberikan sentuhan lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wadah Bagi Filmmaker Muda

Untuk pertama kalinya, lebih dari 100 film ditayangkan dalam program pemutaran film Balinale. Film-film tersebut berasal dari 30 negara, termasuk juga film asal Indonesia “Night Bus” dan film drama sejarah “Sultan Agung”.

Menampilkan banyak film pendek, festival film Balinale menjadi wadah bagi pembuat film muda Indonesia untuk menampilkan karyanya. Penayangan film-film pendek dan feature pada festival film tersebut nyatanya menunjukkan efek positif pada perfilman Indonesia.

Kepala Badan Eknomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia Triawan Munaf mengungkapkan, jumlah penjualan tiket untuk film-film Indonesia meningkat dari 16 juta pada 2015 menjadi 42 juta pada tahun lalu.

Film-film internasional yang masuk dalam daftar pemutaran film di Balinale di antaranya “55 Steps” karya Bille August, “Custody” karya Xavier Legrand, “Goodbye Christopher Robin” karya Simon Curtis, dan film animasi Taiwan “On Happiness Road”. Festival ditutup dengan penayangan “Shoplifters”, film karya Hirokazu Kore-eda yang baru saja memenangkan Palme d’Or.

 

Penulis: Felicia Margaretha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.