Sukses

Warga Antusias Ikuti Deklarasi Kampanye Damai di Berbagai Daerah

Deklarasi kampanye damai yang diselenggarakan di berbagai daerah juga berlangsung meriah. Seperti apa situasinya?

Liputan6SCTV, Karanganyar - Tidak hanya di ibu kota, deklarasi kampanye damai juga digelar di sejumlah daerah di tanah air. Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (23/9/2018), kampanye bersih, aman, dan damai, telah disepakati se-nusantara.

Aksi senam bersama di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mengawali deklarasi kampanye damai pada Minggu, 23 September pagi tadi. Bersama-sama membubuhkan tanda tangan di spanduk raksasa, jajaran Pemkab Karanganyar, anggota polres, KPU dan Bawaslu Kabupaten Karanganyar, serta para caleg, tokoh parpol, dan warga, mendeklarasikan pemilu aman dan damai.

Di Surabaya tak kalah menarik, KPU Jawa Timur mengemas acara deklarasi kampanye damai dengan pawai karnaval pakaian tradisional nusantara. Seluruh peserta dari partai politik, tim sukses paslon capres cawapres, dan para caleg juga menandatangani komitmen kampanye anti informasi hoax, politik SARA dan politik uang.

Sementara di Kabupaten Jember, Jawa Timur, ratusan warga memadati alun-alun Kabupaten Jember, untuk deklarasi kampanye damai Pemilu 2019. Ditandai pembacaan ikrar dan penandatanganan oleh seluruh parpol peserta pemilu, sah sudah kesepakatan kampanye damai.

Di Salatiga, Jawa Tengah, ikrar kampanye damai telah dibacakan Sabtu, 22 September siang, diikuti para tokoh partai politik di halaman Mapolres Salatiga. Ikrar damai berisikan kesiapan untuk menjaga ketertiban dan keamanan untuk mewujudkan pemilu yang damai dan sejuk.

Peserta perwakilan dari partai politik ini juga menandatangani kesepakatan pemilu, menjelang dimulainya kampanye terbuka. Dalam pelaksanaan deklarasi damai, terselip juga ajakan pada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di tanggal 17 April 2019 mendatang. (Galuh Garmabrata)