Sukses

Bonus Atlet Asian Games DKI Naik Lebih dari 2 Kali Lipat

Untuk medali perunggu saja, atlet Asian Games menerima Rp 250 juta dari sebelumnya Rp 90 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan menaikkan bonus untuk atlet Asian Games 2018 DKI Jakarta. Kenaikan itu telah disetujui anggota DPRD DKI Jakarta dalam rapat anggaran APBD-Perubahan.

"Tadi udah putus, jadinya Rp 750 juta ya (untuk medali emas)," kata Sekretaris DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Dalam anggaran APBD-Perubahan 2018 tercatat peraih medali emas diberikan bonus Rp 750 juta dari sebelumnya Rp 300 juta. Sementara, atlet peraih medali perak mendapat Rp 500 juta dari sebelumnya Rp 150 juta dan peraih medali perunggu mendapat Rp 250 juta dari sebelumnya Rp 90 juta.

"Pajak dibayari DKI, sudah bersih," ujar Saefullah.

Dia menegaskan pencairan bonus atlet Asian Games baru bisa diberikan Pemprov pasca APBD-Perubahan 2018 telah disetujui semua oleh Badan Anggaran DKI Jakarta. Pernyataan itu menepis adanya rencana bonus dicairkan lebih dulu, meskipun APBD-P disetujui Banggar.

"Enggak-lah, tetep nunggu APBDP. Gimana dasarnya kalau enggak. APBDP-nya saja belum. Ketok dulu APBD nomerin, kalau sudah disahkan APBDP ya satu bulan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Batal

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sempat membatalkan rencana penambahan bonus untuk atlet yang meraih medali di Asian Games 2018. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, penambahan bonus untuk atlet berprestasi di Asian Games tidak jadi diusulkan pada rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

Menurut dia, besaran bonus atlet sudah ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Nomor 1203 Tahun 2018 tentang Satuan Biaya Kegiatan Keolahragaan dan Kepemudaan serta Penghargaan Prestasi Olahraga dan Pemuda. Mereka pun akan mendapat bonus sesuai keputusan gubernur tersebut.

Dia mengatakan, banyak hal yang menjadi pertimbangan sebelum membatalkan rencana penambahan bonus atlet. Pertama, keputusan gubernur yang mengatur tentang itu sudah keluar. Pemprov DKI juga ingin menjaga daya juang atlet agar tidak terlena banjir bonus.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.