Sukses

TGB: Penanganan Bencana Lombok Sudah Berskala Nasional

Gubernur NTB, TGH Muhammad Zainul Majdi berharap musibah gempa di Lombok tidak membuat semua larut dalam kesedihan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur NTB, TGH Muhammad Zainul Majdi berharap musibah gempa di Lombok tidak membuat semua larut dalam kesedihan. Buang rasa takut dan tidak boleh tertawan oleh rasa trauma.

"Mari kita bahu membahu, bergotong royong dan berkoordinasi bersama pemerintah pusat, daerah dan kabupaten juga masyarakat agat NTB segera bangkit pulih dari dampak bencana, dan kembali maju di segala bidang," kata TGB dalam keterangan tertulis, Senin (20/8/2018).

"Selama ini, kami di daerah bersama BNPB, Basarnas dan TNI juga Polri terus berkoordinasi dan memobilisasi banyak personel dan alat-alat berat yang dibantu dari pusat untuk membantu pemulihan dan merehabilitasi sarana yang terdampak gempa," jelas dia.

Adanya polemik terkait banyak pihak yang menginginkan status bencana gempa Lombok dinyatakan sebagai bencana nasional ramai dibicarakan di media sosial. Ia meminta semua bersabat sebab pihaknya selalu mengutamakan penanganan terhadap korban bencana.

"Potensi nasional masih mampu mengatasi penanganan darurat bahkan sampai rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana nanti. Penanganan bencana saat ini skalanya sudah nasional dan all-out," ucap TGB.

Pemerintah pusat terus mendampingi pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota dan memberikan penguatan seperti bantuan anggaran, pengerahan personel, bantuan logistik dan peralatan, manajerial dan tertib administrasi.

"Lombok dan Sumbawa ini cukup luas, tidak semua daerah terpapar gempa. Khususnya daerah-daerah wisata seperti KEK Mandalika, Senggigi dan Pulau Moyo dan lainnya masih dapat dikunjungi wisatawan. Apabila gempa Lombok ini dinyatakan sebagai bencana nasional, maka Pulau Lombok dan Sumbawa akan 'mati' dan pemulihannya akan lama. Padahal sektor pariwisata adalah salah andalan pertumbuhan ekonomi NTB, selain pertanian," terang TGB.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.