Sukses

Gempa di Manggarai Barat NTT Dirasakan hingga Lombok Tengah

Getaran akibat gempa dirasakan warga di sejumlah wilayah NTT dan NTB

 

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 6,7 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kendati berpusat di laut yang cukup dalam, namun getaran gempa dirasakan cukup kuat oleh warga. 

"Gempa dirasakan sedang oleh masyarakat di Manggarai Barat selama 2-3 detik. Tidak ada kepanikan. Sebagian masyarakat keluar rumah," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 17 Agustus 2018.

Belum ada laporan kerusakan rumah, bangunan dan adanya korban jiwa terkait peristiwa ini. Gempa dirasakan hingga Kota Mataram selama 3 detik dengan berkekuatan ringan. Gempa juga dirasakan hingga wilayah Lombok Tengah dengan berkekuatan ringan selama 3-4 detik.

Dan di Kota Ende guncangan dirasakan sedang selama 3 detik.

"Intensitas gempa dirasakan di beberapa daerah adalah di Bima, Lombok Utara II SIG-BMKG (IV MMI), Waingapu II SIG-BMKG (III-IV MMI), Mataram, Loteng, Kuta II SIG-BMKG (III MMI), Denpasar II SIG-BMKG (II-III MMI), Lobar I SIG-BMKG (II MMI)," kata dia.

Menurut Sutopo, berdasarkan intensitas, gempa tersebut masuk dalam golongan sedang. Umumnya bangunan tidak mengalami kerusakan.

Menurut dia, bangunan akan mengalami kerusakan parah jika menerima intensitas gempa dirasakan lebih besar dari VI MMI (keras), seperti yang terjadi di Lombok, NTB.

"Kekuatan gempanya cukup besar yaitu 6,7 Skala Richter tetapi berada pada kedalaman dasar laut yang dalam (559 kilometer) sehingga dampak guncangan yang dirasakan tidak keras," pungkasnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini