Sukses

Asman Abnur: Kemenpan-RB Bukan Lembaga Asing Bagi Syafruddin

Asman yakin Syafruddin dapat meneruskan tugasnya sebagai MenPAN-RB

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Syafruddin dan Asman Abnur melangsungkan upacara serah terima jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Acara sertijab dilakukan di Kantor KemenPAN-RB Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).

Berdasarkan pantauan, Syafruddin dan Asman Abnur tiba di ruang sertijab pada pukul 11.50 WIB. Keduanya menandatangani berita acara. Syafruddin sebagai MenPAN-RB yang baru dan Asman Abnur yang jabatannya digantikan oleh Syafruddin sama-sama menandatangani dokumen yang sudah disiapkan.

Asman yakin Syafruddin dapat meneruskan tugasnya sebagai MenPAN-RB. Menurut dia, Syafruddin sebagai Wakapolri sudah sering bekerja sama dengan KemePAN-RB.

"Beliau tinggal menerapkan yang selama ini mungkin diketahui oleh beliau. Apalagi KemenPAN-RB tak asing lagi, instansi yang beliau pimpin yang selalu berhubungan mulai dari reformasi organisasi di Mabes, kemudian penilaian tentang tipe polda-polda dan polres-polres beliau juga terlibat," jelas Asman dalam sambutannya.

Sebelumnya, Syafruddin terlebih dahulu dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Dia menggantikan Asman Abnur di Istana Negara, Jakarta.

Proses pelantikan Syafruddin dipimpin langsung oleh Jokowi berdasarkan Keppres nomor 142p 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri PANRB Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Takut Jadi Beban

Asman Abnur mengundurkan diri dari kabinet menyusul konstelasi Pilpres 2019. Partai Amanat Nasional (PAN), yang menaungi Asman, tak mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Alhasil, iklim di kabinet membuat Asman serbasalah.

"Mengurangi beban Bapak Presiden supaya kehadiran saya tidak menjadi beban buat beliau," kata Asman di kantor Kemenpan RB, Jakarta Selatan, Selasa (14/8/2018) malam.

"Saya merasa karena PAN tak mendukung Pak Presiden, tentu kehadiran saya di koalisi Indonesia kerja ini juga tidak baik secara etika," jelas Asman Abnur.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.