Sukses

Anies: Saya Tak Mau Ikut Berpolitik seperti Ketua KASN

Anies menilai Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara berusaha membentuk opini publik.

Liputan6.com, Jakarta - Empat rekomendasi hasil penyelidikan dugaan pelanggaran prosedur dalam perombakan pejabat DKI oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dikeluarkan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) berbuntut panjang.

Anies baswedan mengaku sudah menerima rekomendasi dari KASN. Namun, ia mempertanyakan alasan KASN menerbitkan siaran pers perihal rekomendasi itu.

"Yang saya heran bukan surat resminya, yang saya heran kok ada press release. Antar instansi pemerintah itu biasa kok saling berkirim surat. Itu biasa," kata Anies di kawasan Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018).

Menurut dia, penerbitan siaran pers merupakan bentuk kegiatan politis. "Ketika ada press release dari KASN saya berpikir kok jadi seperti kegiatan politik ya. Karena justru pertanyaan saya itu, kok jadi Ketua KASN berpolitik? Ini kan membentuk opini, itu kan sebuah proses politik," ucapnya.

Mantan Mendikbud itu mengatakan Pemprov segera membalas surat KASN. Namun, DKI tidak akan membalas siaran pers yang dianggapnya politis.

"Kami akan kirim jawaban resmi seperti instansi pemerintah saling berkirim surat. Kami tidak akan bikin press release, kami tidak akan berpolitik dalam urusan ini," ia menambahkan.

"Saya ketika lihat itu pakai press release segala saya bilang wah ini Pak Ketua berpolitik, saya nggak mau ikut," Anies berujar.

Pemprov DKI menurut Anies akan membalas surat rekomendasi dari KASN melalui Sekda DKI. Ia enggan berkomentar lebih lanjut terkait rekomendasi KASN.

"Saya rasa cukup, pertanyaannya ke Beliau (Ketua KASN) saja, karena saya jawab profesional," tandas Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.