Sukses

Panglima TNI: Hoaks Bisa Merusak Pikiran

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, media memiliki peran penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Apalagi menjelang perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2019.

Pernyataan itu diungkapkan Panglima TNI dalam gelaran Joy Sailing dari atas KRI dr Soeharso -990 yang berlayar dari Mako Kolinlamil ke Perairan Teluk Jakarta, Senin (23/7/2018).

Hadi menambahkan, media harus mampu menepis informasi atau berita hoax. Sebab hoax bisa menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Oleh karena itu, TNI dan media diharapkan bisa bersinergi untuk menjaga keutuhan bangsa.

"Tentunya bisa menepis berita hoax yang terjadi. Dalam satu aspek, berita hoax bisa merusak pikiran kita semua. TNI dan media harus jadi kekuatan untuk mengelola pemerintahan dengan baik," kata Panglima Hadi di lokasi.

Selanjutnya, Hadi pun mengimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi. Dia juga meminta masyarakat melapor bila anggota TNI turut memproduksi hoaks.

"Dan TNI juga tidak alergi apabila dikritik terkait prajurit yang ada di wilayah. Ada banyak sekali yang sudah kita terima tentang informasi tadi terkait perilaku di lapangan dan langsung kita respons," ujar Hadi.

 

2 dari 2 halaman

Terima Kasih Pilkada Aman

Di atas kapal Panglima juga menggelar halalbihalal dengan puluhan pemimpin redaksi media nasional dalam rangka peringatan HUT ke-73 TNI. Menurut Hadi, saat ini sinergitas antara TNI dan media harus terus dijaga.

"Oleh karna itu acara halalbihalal TNI dengan pemred sangat strategis karena media mampu mengelola infirmasi yang tepat, aktual tentang TNI dan keadaaan masyarakat," imbuh Panglima Hadi.

Hadi pun mengucapkan terima kasih kepada Polri yang mampu bersinergi menjaga gelaran Pilkada 2018.

"Saya mengucapkan terima kasih atas pilkada serentak dan media yang telah memberitakan apa adanya sehingga situasi keamanan berjalan dengan baik. Sinergitas TNI dan Polri sudah terjamin dan terbentuk dengan baik, sehingga TNI Polri dan media menjadi kesatuan yang menjaga negeri," beber Hadi.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading