Sukses

Jelang Akhir Pendaftaran, Ratusan Bakal Caleg Ikuti Rangkaian Tes di Tasikmalaya

Liputan6.com, Tasikmalaya - Ratusan bakal calon anggota legislatif mengikuti tes kesehatan serta tes psikologi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (13/7/2018), menjelang batas akhir pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019, ratusan bakal caleg mengikuti serangkaian tes yang ditentukan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum). Salah satunya adalah mengikuti tes kesehatan, tes bebas narkoba, dan tes psikologi.

Untuk wilayah Priangan Timur yang meliputi Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Pangandan, Ciamis serta Kota Banjar dan Tasikmalaya, pelaksanaan ujian dipusatkan di RSUD dr. Soekardjo.

Untuk ujian psikologi, bakal calon anggota legislatif mengerjakan 500 soal dalam waktu 1,5 jam. Bagi sebagian peserta tes ini cukup membingungkan. Selain soalnya yang banyak, mereka juga kaget dengan banyaknya bakal caleg.

"Semua syarat harus kita penuhi kalau memang mau maju sebagai calon," jelas Dani, salah satu bakal caleg.

Sementara itu, memasuki masa pendaftaran calon anggota legislatif, Markas Polres Tanah Karo, Sumatera Utara, dipenuhi warga yang ingin mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Mereka mengurus SKCK sebagai salah satu syarat untuk mendaftar sebagai caleg.

Apabila permintaan masyarakat terus membeludak, polisi akan memperpanjang waktu pelayanan sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan di Kota Bekasi, Jawa Barat, polisi membuka pelayanan pembuatan SKCK selama 24 jam. Hal ini dilakukan karena banyaknya masyarakat yang memohon SKCK, terutama para bakal caleg. (Muhammad Gustirha Yunas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video