Sukses

KPU: Kasus di Pilkada Makassar Sudah Selesai

Komisioner KPU Ilham Saputra menyatakan, TPS yang dilaporkan ada perbedaan hasil penghitungan sudah dikonfirmasi kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan, kasus dugaan manipulasi hasil penghitungan suara di Pilkada Kota Makassar sudah selesai. Komisioner KPU Ilham Saputra menyatakan, TPS yang dilaporkan ada perbedaan hasil penghitungan sudah dikonfirmasi kemarin.

Dia mengungkapkan, seluruh petugas TPS di Tamalate Makassar sudah menunjukkan hasilnya pemungutan suara. "Jadi ini semacam, entah kekeliruan atau kesengajaan dari PPK di Tamalate tadi," jelas Ilham, Minggu (1/7/2018).

KPU, kata dia, juga sudah mengklarifikasi ke petugas PPK tersebut. "Jadi prinsipnya, klarifikasi sudah selesai," pungkasnya.

Sebelumnya, terdapat perbedaan pada sejumlah data C1 yang diunggah ke portal KPU. Salah satunya di TPS 06 Kelurahan Bontoduri, Kecamatan Tamalate, Makassar.

Data di portal KPU menunjukkan pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi unggul dengan 238 suara. Sedangkan kotak kosong hanya satu suara. Namun berdasarkan formulir C1, Munafri hanya mengumpulkan 94 suara. Sedangkan kotak kosong unggul dengan 138 suara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.