Detik-Detik Evakuasi Korban Penambang Emas Tewas Keracunan Asap di NTB

Detik-Detik Evakuasi Korban Penambang Emas Tewas Keracunan Asap di NTB

Video amatir merekam detik-detik evakuasi seorang warga yang tewas di tambang emas ilegal di kawasan Gunung Sugre, Dusun Selodong, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa (19/6/2018) pagi.

Seperti ditayangkan Liputan6SCTV, Rabu (20/6/2018), korban tewas di dalam lubang galian sedalam 20 meter akibat menghirup asap yang berasal dari ban bekas dan kayu yang sengaja dibakar. Dari data Kepala Kantor SAR wilayah Mataram dari 13 orang penambang emas ilegal, tujuh di antaranya tewas sementara enam lainnya menderita sesak napas dan dirawat intensif di rumah sakit.

"Penambang emas yang ada di sana keracunan. Untuk korban setelah dievakuasi, ada 13 orang, yang selamat enam orang, yang meninggal ada tujuh orang dan satu sedang dirawat intensif, " kata Kepala Kantor SAR Mataram, I Nyoman Sidakarya.

Pemerintah daerah setempat sebenarnya telah lama menutup penambangan emas tersebut karena berisiko longsor dan rawan konflik antar warga. Namun, meski telah ditutup masih saja ada warga yang nekat melakukan penggalian tambang emas dengan memanfaatkan kelengahan aparat. (Ridho Insan Putra)

Ringkasan

Oleh Yusron Fahmi pada 20 June 2018, 06:35 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights