Sukses

Top 3 News Hari Ini: Ketua MUI Persilakan Ajukan Permohonan Larangan ke Israel

Top 3 news hari ini, MUI tidak memiliki wewenang dalam melarang umat muslim WNI berkunjung ke Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin mempersilakan siapa pun yang berniat mengajukan permohonan penerbitan fatwa haram WNI muslim ke Israel. Termasuk oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Tapi perlu memperhatikan beberapa aspek, yaitu pelaporan dan ada relevansinya atau tidak orang pergi ke Israel dalam fatwa itu.

Lantas, apa tanggapan Ma'ruf Amin terkait kepergian Katib Aam Suriyah PBNU, Yahya Cholil Staquf ke Israel?

Kabar lainnya yang juga menyita perhatian pembaca di Liputan6.com, soal pengelolaan pulau reklamasi di Pantai Utara Jakarta. Banyak pihak yang menyatakan pulau tersebut akan dilanjutkan, Anies dengan tegas mengatakan, mereka hanya berimajinasi.

Disinggung mengenai perda reklamasi yang masih mandek, Anies menyebut, Badan Koordinasi dan Pengelolaan Reklamasi (BKP) tidak ada sangkut paut dengan Perda yang hingga kini menggantung itu.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News Hari Ini:

1. Ketua MUI: Melarang Muslim ke Israel Harus Ada Alasannya

Ketua MUI Ma'ruf Amin (Merdeka.com/Muhammad Genantan)

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menyatakan, MUI tidak memiliki wewenang dalam melarang umat muslim warga negara Indonesia (WNI) berkunjung ke Israel.

Namun, Ma'ruf mempersilakan siapa pun yang berniat mengajukan permohonan penerbitan fatwa haram WNI muslim ke Israel, termasuk oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

"Jadi lihat apakah yang tepat dengan fatwa, imbauan atau dengan rekomendasi. Apa itu ada wilayahnya MUI, gitu loh," Ma'ruf Amin menegaskan.

Selengkapnya...

2. Anies: Yang Mengatakan Reklamasi Lanjut Itu Berimajinasi

Suasana saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau penyegelan bangunan di Pulau Reklamasi, Teluk Jakarta, Kamis (7/6). Suasana di Pulau D reklamasi terlihat sepi. (Liputan6.com/HO/Deka Wira Saputra)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, reklamasi tetap tidak dilanjutkan.

Hal itu dibuktikan dengan tidak dimasukkannya rencana pembangunan 13 pulau yang belum terbentuk dalam RPJMD DKI 2018-2022.

Anies menyatakan, dari 17 rencana pulau reklamasi, empat sudah terbentuk pulau, 13 pulau yang semula direncanakan dibangun, dia pastikan tidak akan dilanjutkan.

Selengkapnya...

3. Ditemani Menantu, Jokowi Jalan Kaki Menuju Tempat Salat Id

Ditemani Menantunya, Jokowi Jalan Kaki Menuju Tempat Salad Id (Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana melaksanakan salat Idul Fitri 1439 H di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Jokowi, istri, dan anak kedunya Kahiyang Ayu serta menantunya Bobby Nasution hadir pukul 06.35 WIB.

Jokowi yang mengenakan pakaian koko putih dipadukan dengan jas hitam serta peci hitam dan sarung menuju tempat salat Id dengan berjalan kaki bersama menantunya.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.