Sukses

PKS Usulkan Anies Capres, Gerindra Konsisten Calonkan Prabowo

Gerindra berpegang kepada pernyataan Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syura Salim Segaf Al-Jufri soal sikap politik di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan nama Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan menjadi capres dan cawapres di Pilpres 2019. Menurut Direktur Pencapresan Tim Pemenangan Pemilu (TPP) PKS Suhud Alynudin, pasangan tersebut dapat menjadi calon alternatif.

Menanggapi itu, anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade mengatakan bahwa Gerindra tetap konsisten mengusung Prabowo Subianto. Kalaupun Anies harus ikut kontestasi pilpres, Gerindra ingin Anies jadi cawapres Prabowo.

"Menanggapi usulan PKS untuk Anies-Aher, Gerindra konsisten capresnya Prabowo. Kalaupun Pak Anies maju di Pilpres 2019, paling kemungkinan jadi cawapres Pak Prabowo. Kalaupun (Anies) maju, kalaupun maju ya," kata Andre kepada merdeka.com, Selasa (12/6/2018).

Menurutnya, pernyataan Suhud bukanlah sikap resmi, karena partai berlambang burung garuda ini berpegang kepada pernyataan Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syura Salim Segaf Al-Jufri soal sikap politik di Pilpres 2019.

"Kalau hanya dari yang lain seperti Suhud ya kita santai saja. Itu bukan pernyataan sikap PKS, tapi baru wacana pribadi. Kalau sikap resmi PKS itu dari Presiden PKS tetep disampaikan ke Pak Prabowo, atau Doktor Salim Ketua Majelis Syura PKS sampaikan ke Pak Prabowo," ujarnya.

"Enggak ada wacana Anies-Aher itu dalam pembicaraan. Jadi itu mungkin itu pendapat pribadi saudara Suhud saja, dan itu hak beliau mau ngomong apa. Yang jelas kami berpegang kepada pimpinan PKS Doktor Salim dan Pak Sohibul Iman, itu pegangan kami," tandas Andre.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Tetap ke Prabowo

Sementara itu, Wasekjen PKS Abdul Hakim mengatakan, sampai saat ini PKS melihat Gerindra konsisten mencalonkan Prabowo. Soal pernyataan Suhud, baginya hanya perumpamaan jika Prabowo mau mencalonkan Anies Baswedan.

"Sampai saat ini Gerindra masih calonkan Prabowo. Kami hargai otoritas para mitra politik kami. Pak Suhud bilang jika Prabowo calonkan Anies Baswedan," ucapnya lewat pesan singkat, Selasa (12/6/2018).

Dia menambahkan, pihaknya juga masih cair dan menghargai masing-masing aspirasi dari mitra koalisi.

"Kita tunggu saja pembicaraan resmi antarpartai ya, khususnya antara Pak Prabowo dengan pimpinan PKS. Tunggu saja. Kami respons jika sudah ada sikap resmi dari Gerindra untuk calonkan Pak Anies," kata Abdul.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.