Sukses

Sandiaga Uno Akan Tertibkan Pedagang yang Naikkan Harga Jelang Lebaran

Sandiaga Uno menyebut batas normal kenaikan harga, tak lebih dari 10 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengecek harga pangan di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sandiaga menyebut harga pangan relatif stabil, meski ada beberapa bahan makanan yang mengalami sedikit kenaikan harga, seperti cabai merah keriting.

"Alhamdulillah terpantau harga-harga stabil. Ada beberapa komoditas yang memang perlu perhatian seperti cabai merah kriting, daging ayam yang sedikit naik harganya. Kita harapkan dalam beberapa hari ke depan jelang Lebaran bisa ditambah suplai dan distribusinya diperlancar,” kata Sandiaga Uno di Pasar Senen, Senin (11/6/2018).

Menurut dia, bila harga pangan naik masih dalam batas normal, yakni tak lebih dari 10 persen, maka hal itu masih bisa ditoleransi. "Secara umum lebih baik dari tahun lalu. Harga-harga gejolakmya lebih baik dri tahun lalu," ucap Sandiaga Uno.

Kenaikan harga, kata dia, disebabkan pedagang yang sudah terbiasa menaikkan harga menjelang Lebaran. Sandiaga ingin mengubah kebiasaan tersebut.

"Rata-rata pedagang kalau saya bilang kok tinggi jualnya? Iya pak setahun sekali. Padahal suplainya cukup, di Kramat Jati-nya juga cukup tapi mereka secara otomatis karena mungkin kebiasaan dari tahun-tahun sebelumnya," kata Sandiaga Uno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Jera

Oleh karena itu, Sandiaga akan menertibkan pedagang yang menaikkan harga kelewat batas menjelang Lebaran. Dia ingin memberikan efek jera ke pedagang "nakal" tersebut.

"Tentunya kita lakukan penertiban dan kita ingatkan mereka terus karena yang terdampak mungkin juga para konsumen," ucap Sandiaga Uno.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.