Sukses

Sepekan Jelang Lebaran, Ruas Tol Salatiga-Kartasura Dipadati Pemudik

Selain volume kendaraan yang kian padat, kemacetan juga dipicu kondisi medan yang sulit untuk ditempuh.

Fokus, Salatiga - Sepekan menjelang lebaran, ruas Tol Salatiga-Kartasura, Jawa Tengah yang baru dibuka terus dipadati kendaraan. Antrean pemudik dari arah Jakarta juga terpantau di perbatasan Tol Kaligangsa, Brebes Timur hingga gerbang Tol Darurat Kertasari, Kabupaten Tegal, Jumat 8 Juni 2018 sore.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (9/6/2018), selain volume kendaraan yang kian padat, kemacetan juga dipicu kondisi medan yang sulit untuk ditempuh. Tepat di bawah Jembatan Kali Kenteng misalnya, seluruh kendaraan harus mengurangi kecepatan karena harus menuruni jalan bergelombang dan menikung.

Selain itu, pemudik juga harus melintasi tanjakan curam hingga mencapai 45 derajat. Ruas tol Salatiga-Kartasura baru dibuka pada jumat pagi secara fungsional.

Sementara, dari arah Jakarta menuju Semarang, di ruas Tol Pejagan Pemalang lalu lintas kendaraan terus meningkat. Bahkan, terjadi antrean lebih dari satu kilometer terjadi di ruas Tol Brebes Timur hingga gerbang tol darurat Kertasari Tegal.

Saat ini pengeola Tol Pejagan Pemalang baru membuka tujuh gardu pembayaran dari 13 gardu yang tersedia. Sebagian masyarakat mengaku ingin mencoba ruas tol baru ini karena Jalur Pantura dipadati kendaraan truk.