Sukses

Dilantik Sebagai KSAL, Pangkat Siwi Sukma Adji Naik Jadi Laksamana

Jokowi melantik Siwi sebagai KSAL berdasarkan Keppres Nomor 43/TNI/2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan KSAL

Liputan6.com, Jakarta - Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Ia menggantikan Laksamana Ade Supandi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5).

Setelah pelantikan, Jokowi menaikkan pangkat Siwi satu tingkat menjadi Laksamana TNI. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44 TNI tahun 2018 tentang kenaikan pangkat dalam golongan Perwira Tinggi TNI.

Keppres yang ditandatangani Jokowi pada hari ini dibacakan langsung oleh Sekretaris Militer Presiden Marsma Trisno Hendradi. Usai pembacaan Keppres, Jokowi menyematkan pangkat ke pundak Siwi yang dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat.

Sebelumnya, Jokowi melantik Siwi sebagai KSAL berdasarkan Keppres Nomor 43/TNI/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL. Siwi lalu mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi. Dia berjanji akan menjalankan tugasnya dengan menjunjung tinggi sumpah prajurit TNI.

Pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Hadir juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiaatut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisis Budi Gunawan, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Reporter: Titin Supriyatin

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.