Sukses

Presiden Jokowi Lantik Laksamana Siwi Sukma Jadi KSAL

Presiden Jokowi melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) baru pengganti Laksamana Ade Supandi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) baru pengganti Laksamana Ade Supandi. KSAL Laksamana Ade Supandi segera memasuki masa pensiun per 1 Juni 2018.

Pelantikan ini sesuai surat Pemberitahuan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan KSAL bernomor B-594/Sesmilpres/AM.00.02/05/ 2018 yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dalih apa pun juga tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapa pun juga," ucap Siwi di Istana, Rabu (23/5/2018).

"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga, yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," kata dia lagi.

Pelantikan KSAL ini dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Hadir juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, serta Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang KSAL Baru

Siwi lahir di Kota Cimahi, Jawa Barat, 14 Mei 1962, merupakan seorang perwira tinggi TNI AL sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI‎ sejak 29 September 2017.

Pria alumni Akadademi Angkatan Laut tahun 1985, pernah menjabat di beberapa posisi strategis, seperti Asisten Perencana Umum Panglima TNI. Dia juga pernah menjadi Panglima Koarmabar menggantikan Laksda TNI Achmad Taufiqoerrochman dan Kepala Departemen Operasi KRI Untung Suropati-372.

Alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 30 lulus yang pada tahun 1985 ini pernah menduduki posisi Palaksa KRI Teluk Sampit-515, Komandan KRI PRB-728, Komandan KRI STS-376, dan Komandan KRI Nala. Dia juga sempat menjabat sebagai Komandan KDA, Komandan Lanal Pontianak, Komandan Selapa Pusdikopsla, Komandan Satran Koarmatim, Asrena Pangkolinlamil, Asops Pangarmabar, dan Komandan Guskamlatim.

Dia pun kini ‎dipercaya menjabat KSAL untuk menggantikan Ade Supandi yang akan memasuki pensiun pada 1 Juni 2018.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.