Sukses

Bising Klakson dan Makian Pengendara Warnai Touring Sepeda Kemenhub

Kemenhub bekerjasama dengan berbaga pihak menggelar program kampanye keselamatan untuk mudik lebaran tahun 2018 dengan touring sepeda.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerjasama dengan berbaga pihak menggelar program kampanye keselamatan untuk mudik lebaran tahun 2018 dengan touring sepeda. Sebanyak 150 peserta pesepeda dari sejumlah komunitas itu pun dilepas Menhub Budi Karya Sumadi langsung dari Bundaran Hotel Indonesia.

Namun, touring sepeda yang baru saja dimulai itu terselip dengan peristiwa kurang menyenangkan, karena kegiatan ini sempat menyetop kendaraan yang ingin melintas di kawasan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. 

Sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat pun belum bisa melanjutkan perjalannya meski lampu lalu lintas telah menunjukan warna hijau. Suara bising klakson yang bersamaan diikuti dengan teriakan sejumlah pengendara pun tak terelakan. 

"Macet ini panjang ayo jalan," teriak salah satu pengendara sepeda motor, di sekitar Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (29/4/2018).

"Kita juga bayar pajak," teriak pengendara motor lainnya diikuti dengan suara klakson yang saling bersautan.

Dishub dan sejumlah polisi yang berjaga pun akhirnya tampak kesulitan untuk membendung keinginan pengendara untuk segera memacu kendaraannya. 

Kurang dari 10 menit sempat terhenti, para pengendara itu akhirnya dapat dipersilakan melintas. Karenanya, para peserta touring sepeda pun harus menunggu kendaraan selesai melewati ruas jalan baru kembali dapat mengekor para pesepeda sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakarta-Surabaya

Touring yang dimulai di Jakarta dan akan berakhir di Surabaya nantinya akan ditempuh sekitar 940 km dalam waktu 6 hari. Peserta touring kurang lebih akan melewati daerah Cirebon, Semarang, Solo dan Madiun. 

Peserta touring sepeda dari Jakarta diikuti oleh sekitar 150 pesepeda yang diharapkan dapat disusul oleh 500-1.000 dari kota lainnya. Program kampanye keselamatan untuk mudik in bertujuan agar terwujud 'Zero Accident di Mudik Lebaran Tahun 2018'.  

Program ini juga untuk mengkampanyekan pilihan berkendara bagi masyarakat ketika mudik lebaran, yakni dengan menggunakan transportasi umum.

"Yang penting mudik harus selamat, zero accident, ingatkan mudik lebaran tanpa keclakaan," ucap Menhub Budi Karya Sumadi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.