Sukses

Kepala BIN: Jangan Jadikan Masjid Tempat Sebar Ujaran Kebencian

Menurut Budi Gunawan, masjid telah mengalami perkembangan yang pesat, baik dalam bentuk fisik maupun fungsi dan perannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BIN Budi Gunawan berharap agar rumah ibadah, salah satunya masjid, tidak digunakan sebagai tempat untuk menyebarkan ujaran kebencian. Karena itu, ia takmir masjid bisa membentengi tempat ibadah dari paham radikal maupun politik praktis. 

Hal tersebut ia sampaikan dalam silaturahim dengan ulama dan takmir masjid se-Jawa Tengah di Masjid Agung, Semarang, Jawa Tengah (MAJT), Sabtu (28/4/2018).

"Jangan jadikan masjid sebagai tempat penyebaran ujaran kebencian, apalagi kini sudah memasuki tahun politik," kata Budi dalam pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu, 28 April 2018.

"Jaga NKRI apa pun konsekuensinya,  situasi konflik yang terjadi di Timur Tengah, jangan pernah terjadi di Indonesia, " sambungnya.

Mantan Wakapolri ini juga menghargai peran positif para ulama dan takmir masjid dalam menjaga toleransi umat beragama selama ini. 

"Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya untuk para ulama, kiai, serta para takmir masjid yang konsisten merawat prinsip kebhinekaan selama ini," kata purnawirawan Jenderal bintang empat itu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkembang Pesat

Budi Gunawan](3493222 "") menambahkan masjid telah mengalami perkembangan pesat di Indonesia baik fisik maupun fungsi dan perannya.  

"Di masa rasulullah, masjid memang memiliki multi fungsi baik sebagai tempat ibadah juga tempat menimba ilmu sehingga syiar dakwah Islam bisa mencapai titik kejayaan penjuru dunia kala itu," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.