Sukses

Belasan Vila Liar di Puncak Bogor Akhirnya Dibongkar

Eksekusi bangunan dan penyitaan aset negara di kawasan hutan lindung ini berdasarkan hasil putusan Pengadilan Negeri Cibinong.

Liputan6.com, Bogor - Belasan bangunan liar di Blok Cisadon, kawasan Puncak, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, dibongkar paksa tim gabungan, Selasa (24/4/2018). Sebanyak 14 unit bangunan vila semipermanen yang berdiri di atas lahan negara atau Perhutani diratakan menggunakan alat berat.

Selain pembongkaran bangunan, petugas gabungan dari Perum Perhutani, POM TNI, Brimob Kelapa Dua, dan Satpol PP Kabupaten Bogor menyita lahan seluas 365 hektare yang telah dikuasai Yulius Puum Batu selama kurang lebih 20 tahun.

Direktur Operasi Perum Perhutani Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Hari Priyanto menyatakan, eksekusi bangunan dan penyitaan aset negara di kawasan hutan lindung ini berdasarkan hasil putusan Pengadilan Negeri Cibinong. "Setelah keluar putusan dari pengadilan, kami langsung melayangkan surat kepada Saudara Yulius untuk membongkar sendiri bangunan," kata Hari di lokasi penertiban, Selasa.

Karena surat peringatan tersebut tidak dihiraukan, maka pihak Perhutani melakukan tindakan tegas berupa pembongkaran dan penyitaan kembali aset negara.

"Kita akan reboisasi lahan ini sebagai daerah resapan air," Hari menerangkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Menolak Eksekusi

Sebelum pembongkaran berlangsung, petugas sempat mendapat penolakan dari penjaga lahan dan warga sekitar. Mereka memaksa petugas menunjukkan surat eksekusi bangunan dari PN Cibinong. Sebab, eksekusi bangunan tersebut dinilai tidak sesuai aturan.

"Seharusnya ada surat teguran satu sampai tiga. Tapi ini baru surat teguran satu sudah dieksekusi," terang Yudi, orang kepercayaan Yulius.

Eksekusi bangunan dilanjutkan setelah pihak Perhutani memberi penjelasan kepada warga yang menjaga lahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini