Sukses

Presiden PKS: Pertemuan dengan SBY akan Bahas Peluang Poros Ketiga

Awalnya, pertemuan SBY dan Presiden PKS direncanakan pada Minggu pekan ini. Namun diundur lantaran kesibukan SBY.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak bertemu. SBY ingin membicarakan terkait kemungkinan terbentuknya poros ketiga di Pilpres 2019.

Sohibul mengatakan, rencana pertemuan tersebut dikomunikasikan oleh Waketum Demokrat Syarief Hasan. Syarief diutus SBY bertemu Sohibul di DPP PKS, Selasa lalu. 

Awalnya, pertemuan SBY dan Presiden PKS direncanakan pada Minggu pekan ini. Namun diundur lantaran kesibukan SBY. Pertemuan pun rencananya digelar akhir April 2018.

"Disampaikan Pak Syarief Hasan kita ingin berdiskusi meneropong kemungkinan munculnya poros ketiga, kata beliau. Kita bicarakan, setelah bicara, Pak Syarief mengatakan semua pembicaraan disampaikan ke Pak SBY, katanya akan difollow up di mana nanti Pak SBY ingin ketemu saya," ujar Sohibul di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat (20/4/2018).

Sohibul pun sepakat dengan wacana tersebut. Dia setuju karena menurutnya, kontestasi presiden tidak hanya dua tokoh saja.

Dia khawatir akan terjadi perpecahan di masyarakat bilamana hanya ada dua kubu saja yang bertarung. Pandangan tersebut dia sampaikan kepada SBY melalui Syarief.

"Ideal kita tidak capres itu satu pasang maka kita berharap ada lebih dari satu, dua ya. Nah begitu dua banyak juga kekhawatiran ini nanti terjadi segregasi sosial ada kubu ini kubu ini. Nah karena itu gagasan untuk memunculkan poros ketiga saya kira bagus," jelas Sohibul.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Usung 9 Nama Cawapres

Sohibul menampik sikap setuju dengan poros ketiga sebagai sinyalnya akan menginisiasi, kalau Gerindra tidak mau mengambil cawapres dari 9 nama PKS. Pihaknya sendiri masih mengusahakan untuk mengusung 9 nama itu dengan partai apapun PKS berkomunikasi.

"Enggak, kita nggak ada itu. kami buka semua peluang," kata dia.

Sementara itu Sohibul mengaku juga berkomunikasi dengan partai yang belum menentukan koalisi. Salah satunya PKB. Dia mengaku selalu berkomunikasi dengan Marwan Jafar selaku utusan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

"Terus terang kalau dengan PKB ya sejauh ini saya biasanya komunikasi dengan Marwan Jafar," kata Sohibul.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.