Sukses

Sekjen PDIP: Pertemuan dengan PKB Penegasan Politik Nasionalis Islam

Rombongan PDIP ditemui langsung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Liputan6.com, Jakarta - Fungsionaris Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bertandang ke Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta Pusat. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pertemuan itu punya pesan penting.

"Ini komitmen kedua partai dalam mengukuhkan politik nasionalis Islam dan Islam nasionalis yang sudah terbangun sejak awal," kata Hasto di lokasi, Selasa (10/4/2018).

Rombongan PDIP ditemui langsung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Menurut Hasto, PKB adalah salah satu pemegang saham utama dalam pemerintahan Jokowi-JK.

Partai itu sejak awal Pilpres 2014 sudah berada di belakang Jokowi. Soal Pilpres mendatang, Hasto menyerahkan proses politik kepada Jokowi bersama ketua-ketua umum partai pendukung.

Dalam kesempatan yang sama, Hasto mengutarakan harapan PKB ikut mengawal Pilkada Jawa Timur. Seperti yang diketahui, PDIP dan PKB adalah pengusung utama pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Kekuatan dua partai ini bertambah dengan kehadiran PKS dan Gerindra. Hasto juga berharap PKB bisa bergabung memenangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus di Pilgub Sumut.

"PDI Perjuangan berharap kedua partai bisa bersama-sama di kedua wilayah tersebut," kata Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Megawati

Dia menjelaskan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri sedang di Jepang. Namun Mega menitipkan pesan kepada Cak Imin melalui Hasto agar PKB bisa ikut mendukung Djarot-Sihar di Sumut.

"Sikap PKB sangat penting karena saat ini pasangan JR Saragih-Ance Selian yang diusung PKB bersama Demokrat dan PKPI sudah gugur dari bursa," tutup Hasto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.