Sukses

Gus Ipul Jenguk Mantan Penyanyi Ida Laila

Gus Ipul Belajar Totalitas Jalani Profesi Kepada Ida Laila

Liputan6.com, Surabaya Calon Gurbernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut 2, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, mengunjungi penyanyi dangdut legendaris, Ida Laila, yang sedang sakit di rumahnya pada Kamis (29/3/2018). Rumah Ida berlokasi di Jalan Kanser nomor 2 Surabaya, Jawa Timur.

Saat ini, penyanyi legendaris yang berjaya di era 1960-an hingga 1980-an tersebut sedang menjalani perawatan akibat komplikasi yang dideritanya. Gus Ipul tiba di kediaman Ida sekitar pukul 15.00 WIB.

Setibanya di sana, calon orang nomor satu di Jatim itu disambut suami Ida Laila, Mulyono. Di ruang tamu, sudah menunggu Ida yang duduk di atas kursi roda.

Gus Ipul menyapa baik Mulyono maupun Ida dengan. Sayangnya, Ida yang sedang sakit kurang bisa berkomunikasi dengan baik, ia lebih banyak terdiam dan hanya memandang sekitar.

“Bagaimana bu kabarnya?” sapa Gus Ipul yang dibalas Ida dengan senyuman.

Menurut Mulyono, sejak masuk rumah sakit pada 2011 hingga sekarang, Ida sudah meninggalkan aktivitas di luar rumah. Sebelumnya, perempuan yang bernama asli Murah Ati itu sering mengisi acara pengajian. Dalam pengajian tersebut, Ida juga tak jarang menghibur para jamaah dengan lagu-lagu populer miliknya.

“Ibu (Ida Laila) meninggalkan dunia hiburan (menyanyi) sekitar tahun 1997-1998 atau saat kejatuhan Orde Baru Soeharto. Setelah itu, Ibu lebih banyak mendapat undangan untuk ceramah agama. Sekarang ibu lebih banyak di rumah. Kalaupun ada tawaran ceramah terpaksa kami tolak. Ini karena kami khawatir kesehatannya terganggu,” ucap Mulyono.

Ketika bertemu Ida, Gus Ipul mengutarakan kekagumannya akan karya-karya yang sudah dihasilkan penyanyi tersebut. Lagu-lagu populer Ida yang hingga kini masih terdengar, diantaranya Siksa Kubur, Pergi Tanpa Pesan, dan Sepiring Berdua. Gus Ipul juga sempat memutar lagu Siksa Kubur melalui gawai dan untuk didengarkan bersama Ida.

“Saya ingin belajar pada beliau (Ida Laila) bahwa sebuah profesi itu harus dijalani secara totalitas,” kata Wakil gubernur Jatim non aktif tersebut.

Gus Ipul mengatakan, meski sempat menapak dalam jajaran penyanyi terkenal di Indonesia pada zamannya, Ida tidak melupakan keluarga, tetap menjadi prioritas utama. Setelah meninggalkan dunia menyanyi, ia memiliki kesibukan berdakwah dan tetap mengajak kebaikan pada sesama.

"Kami akan terus memberi perhatian seniman. Memang kalau sudah menjadi mantan itu serba susah. Makanya, kita akan pikirkan bersama agar para mantan artis ini pada hari tuanya bisa hidup dengan layak,” ujar Gus Ipul.

Ia mengatakan, dirinya bersama Puti Guntur Soekarno, jika terpilih nanti akan berkomitmen memperhatikan nasib seniman melaui program Bersinar (Berkebudayaan, Rukun, dan Seniman Makmur).

Program tersebut merupakan salah satu program pemberdayaan terhadap sumber daya manusia. Langkah strategis yang akan dilakukan Gus Ipul kedepan jika terpilih dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim ialah melakukan pemetaan terhadap seniman yang ada di Jawa Timur.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini