Sukses

Arteria Dahlan Minta Maaf atas Ucapannya ke Kemenag

Arteria Dahlan berharap, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bisa mengerti klarifikasi dari ucapannya kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan meminta maaf atas pernyataannya yang menyinggung Kementerian Agama. Dia sempat menyebut orang-orang di Kementerian Agama dengan kata bangsat, saat rapat dengar pendapat dengan Jaksa Agung HM Prasetyo.

"Kalau ada ketersinggungan, mohon maaf. Kalau saya menyinggung Pak Menteri dan teman-teman Kemenag. Enggak apa-apa, saya katakan kalau pilihan kita semua mengatakan diksi ya, diksi kita bangsatnya beririsan ada yang tersinggung, saya katakan saya mohon maaf," kata Arteria Dahlan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Menurut anggota Komisi III DPR ini, dia sudah sering mengingatkan Kemenag untuk menyelesaikan masalah biro travel bodong yang sudah banyak memakan korban. Namun, hingga kini belum juga mendapatkan jawaban yang jelas.

Dia pun merasa tidak dapat membiarkan umat yang ingin beribadah haji atau umrah menjadi terganggu dan tertipu karena adanya agen travel bodong.

Arteria berharap, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bisa mengerti klarifikasi dari ucapannya kemarin.

"Banyak juga korban-korban jatuh terus. Setiap saat setiap menit yang penyelesaian mohon maaf masih jauh dari harapan jauh dari rasa keadilan masih jauh dari rasa kemanusiaan," kata Arteria Dahlan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Masalah Bila Dilaporkan

Kendati telah meminta maaf, Arteria Dahlan tidak mau ambil pusing jika nantinya ada pihak yang ingin melaporkannya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR terkait ucapannya. Sebab, kala mengucapkan itu ia mengklaim sedang membela kepentingan umat.

"Malah bangga saya, suatu kehormatan saya mendapatkan apa pun risikonya, sepanjang saya yakini saya dalam konteks membela kepentingan rakyat membela kepentingan masyarakat dapil saya membela kepentingan umat justru saya bangga untuk mempertanggungjawabkan," ucap Arteria.

Sebelumnya, Arteria Dahlan mengucapkan kata umpatan yang ditujukan untuk Kementerian Agama. Hal itu ia katakan saat membahas kasus penipuan ibadah Umrah dalam rapat dengar pendapat Komisi III DPR dengan Jaksa Agung HM Prasetyo.

"Berikutnya mengenai masalah travel yang bodong tadi, Pak. Saya satu komisi satu bulan sama ini Pak, ini masalah dapil. Pak. Yang dicari jangan kayak tadi Bapak lakukan inventarisasi, pencegahannya Pak. Ini Kementerian Agama 'bangsat' Pak semuanya Pak," kata Arteria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 28 Maret 2018.

 

Reporter: Sania Mashabi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.