Sukses

Ini Penyebab Banjir di Sejumlah Daerah

Fokus, Brebes - Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah daerah dilanda banjir. Selain di Brebes, Jawa Tengah, banjir juga  menggenangi Tasikmalaya dan Lampung. Di Lampung, air bahkan menggenangi rumah warga di satu desa.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Senin (12/3/2018), banjir yang melanda delapan desa di Kecamatan Losari, Brebes, hingga Minggu sore, 11 Maret 2018, belum juga surut. Ini terjadi karena air dari Sungai Cisanggarung terus meluap. Banjir juga diperparah oleh jebolnya sejumlah tanggul sungai.

Sebelumnya, banjir di Losari akibat luapan Sungai Cisanggarung yang terjadi beberapa pekan lalu. Selain menggenangi belasan desa, banjir juga menelan korban jiwa. Enam orang tewas akibat terseret arus sungai.

Di Tasikmalaya, Jawa Barat, akibat  intensitas hujan tinggi membuat Sungai Cikidang dan Citanduy meluap. Akibatnya ratusan rumah di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, terendam banjir. Bahkan ketinggiannya mencapai hingga 1,5 meter.

Sementara di Lampung Tengah, setelah sempat surut, banjir kembali melanda satu desa di Kecamatan Bekri. Banjir dipicu jebolnya tanggul penangkis Sungai Way Tipo, akibat diterjang debit air hujan deras yang berlangsung lebih dari tiga jam.

Sebelumnya, banjir di Kecamatan Bekri mengakibatkan dua orang tewas akibat terseret banjir yang melanda pada akhir Februari lalu.