Sukses

Jokowi: Saya Ini Seorang Demokrat

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi sambutan saat membuka Rapimnas Demokrat di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pada pidatonya, Jokowi mengaku sebagai seorang demokrat. Kok bisa?

Dia percaya diri ciri-ciri demokrat ada padanya. Salah satunya, mau mendengar dan menghargai orang lain.

"Saya ini seorang demokrat," kata Jokowi yang disambut dengan tepuk tangan peserta Rapimnas Demokrat. 

Menurut dia, selama ini, ada yang menilainya sebagai pemimpin yang tak gagah dan otoriter. Padahal, dia mengaku tidak memiliki wajah sangar dan otoriter. Dia pun berusaha selalu tersenyum.

"Kenapa kok dibilang ororiter dan saya tidak ada potongan sama sekali potongan otoriter. Penampilan saya tidak sangar dan saya tersenyum," ujar Jokowi.

Dia pun mengaku memiliki sifat yang tak beda jauh dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ciri-ciri demokrat kan mendengar dan menghargai ucapan orang lain. Dan kurang lebih saya memenuhi lah kriteria itu. Artinya, saya sama SBY beda-beda tipis sekali. Kalau saya seorang Demokrat, Pak SBY tambah satu yaitu Ketua Umum Partai Demokrat," ucap Jokowi.

 

1 dari 2 halaman

Tak Mau Duduk

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2018 di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat. Jokowi direncanakan membuka Rapimnas yang akan digelar selama dua hari, 10-11 Maret 2018.

Pantauan Liputan6.com, Presiden Jokowi yang datang mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam, masuk ke arena rapimnas didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan istri Ani Yudhoyono, mantan Wapres Boediono, Mendagri Tjahjo Kumolo serta Menkopolhukam Wiranto.

Tiba di depan panggung, Jokowi pun ikut menyalami para kader yang duduk di bagian depan. Jokowi terlihat santai dengan terus melemparkan senyum.

Usai menyanyikan Indonesia Raya, Himne Demokrat pun dinyanyikan. Sebelum bernyanyi, pembawa acara mengimbau agar para kader tidak duduk terlebih dahulu kecuali para tamu. Namun Jokowi tidak duduk. Dan sikap Jokowi ini disambut riuh suara tepuk tangan peserta.

"Terima kasih Pak Presiden mau tetap dan berkenan berdiri saat Himne Demokrat dinyanyikan," ujar pembawa acara disambut riuh tepuk tangan peserta.

Usai menyanyikan Himne Demokrat, Jokowi pun duduk diapit Presiden dan Wakil Presiden ke-6 RI, SBY dan Boediono.

Artikel Selanjutnya
Jokowi yang Tak Mau Duduk Saat Himne Demokrat Dilantunkan
Artikel Selanjutnya
Video Perjalanan Bangsa Indonesia Awali Pembukaan Rapimnas Demokrat