Sukses

Polri Kembali Tangkap Penyebar Hate Speech di Medan, Kelompok MCA?

Saat ini, pelaku penyebar kebencian telah dibawa ke Bareskirm Polri Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Bareskrim Polri bekerja sama dengan Polres Serdang Bedagai dan Polsek Dolok Masihul menangkap seorang pelaku ujaran kebencian berinisial BG (35) di Kampung Desa Jati, Desa Banten, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan tersangka yang diamankan personel Bareskrim Polri itu merupakan warga Jalan WR Supratman, Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Tersangka BG diringkus tim Bareskrim Polri dalam dugaan tindak pidana dengan sengaja menunjukkan kebencian kepada orang lain berdasarkan diskriminasi ras dan etnis.

"Tersangka dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu, kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA)," ujar Kombes Pol Rina, Minggu (4/3/2018).

Ia menyebutkan, perbuatan SARA itu melanggar Pasal 16 Jo Pasal (4) hurup b angka 1 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Selain itu, Pasal 45 ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU 11 Tahun 2008 yang diduga dilakukan oleh akun Fecebook "Bobby Siregar".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelompok MCA?

Lantas apakah akun tersebut termasuk dalam kelompok MCA? Saat ini pelaku langsung dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Selanjutnya, BG yang diciduk aparat keamanan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) hari ini, Minggu (4/3) langsung diboyong Tim Bareskrim Polri ke Jakarta," ujar mantan Kapolres Binjai itu seperti dikutip dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.