Sukses

Menakjubkan, Ternyata Begini Proses Lumba-lumba Berkembang Biak

Liputan6.com, Jakarta Lucu, menggemaskan, dan kerap menjadi hal yang kerap dikatakan saat melihat lumba-lumba. Tak hanya itu, lumba-lumba juga dikenal sebagai mamalia laut cerdas. Tak mudah menemukannya di laut lepas.

Namun, mamalia tersebut bisa Anda saksikan di Ocean Dream Samudra Ancol. Uniknya, pengunjung tak hanya menikmati sarana kepintaran lumba-lumba. Namun, di sana pengunjung bisa melihat langsung lumba-lumba sedang mengandung bayinya.  

Lumba-lumba tersebut pun diberi nama, Hindri, Pipit, Puput dan Fitri. Mereka merupakan induk lumba-lumba yang sedang dipersiapkan dalam program pengembangbiakan.

Saat ini Hindri, Pipit dan Fitri sedang mengandung dengan usia kehamilan 2-3 bulan. Berbeda dengan manusia yang membutuhkan 9 bulan saat melahirkan, lumba-lumba butuh waktu sekitar 12 bulan sampai bayi lumba-lumba lahir sempurna.

Bicara pengembangbiakan hewan tersebut, Ancol secara khusus dipantau oleh tim yang terdiri dari dua Dokter Hewan dan tenaga kesehatan hewan. Nantinya tim itu secara intensif melakukan perawatan mulai dari proses penjodohan sampai kelahiran. Unik bukan?

Namun seperi apa tahapan sampai mamalia itu melahirkan? Begini proses tahapannya

Awalnya, lumba-lumba berjenis kelamin jantan dan betina dipilih, lalu dijodohkan dengan cara menyatukan mereka dalam satu kolam. Selama fase penjajakan tersebut, hewat itu bakal terus dipantau mulai dari umurnya dan riwayat kesehatannya.

Kemudian, tim pengawas akan mengamati saat mereka melakukan proses perkawinan dan pembuahan. Setelah itu, dilakukan kontrol dengan pemeriksaan bertahap dari tingkatan hormone progesterone dari sample darah lumba-lumba.

Selayaknya manusia, lumba-lumba saat positif mengandung, akan dilakukan pemeriksaan USG rutin minimal 2 bulan sekali untuk mengetahui perkembang biakan janin dalam perut lumba-lumba.

Secara seksama, tim medis senantiasa memantau perkembangannya sampai bayi lumba-lumba lahir. Bayi lumba-lumba yang masih menyusui tetap disatukan dengan induknya sampai benar-benar sudah mandiri dan makin besar.

Kini, dengan program pengembangbiakan lumba-lumba, Ocean Dream Samudra Ancol memiliki puluhan ekor lumba-lumba. Secara turun menurun lumba-lumba yang berada di Ancol sudah generasi ketiga.

Perlu diketahui, pada Oktober 2017 lalu telah lahir bayi lumba-lumba dari induk bernama Melly. Dengan begitu,  Ancol berkomitmen untuk terus menjaga kelestarian lumba-lumba dengan cara perawatan yang baik dan pengembangbiakan yang sehat.

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Sekali Lagi Derawan, Gugusan Pulau Terindah di Kalimantan
Artikel Selanjutnya
3 Permainan Unik Bantu Ajarkan Anak Cara Berenang