Sukses

Derasnya Aliran Ciliwung Menyapu Rumah di Pinggir Sungai

Alat berat harus dikerahkan Pemkot Bogor untuk mengangkat tumpukan sampah dan jalur lalu lintas di sekitar lokasi ditutup sementara.

Liputan6.com, Bogor - Sebuah rumah di Babakan Pendeuy, Kelurahan Lebak Pasar, Kota Bogor ambruk Senin siang. Derasnya aliran air dari hulu Sungai Ciliwung menyapu pondasi rumah hingga sebagian bangunan rumah yang menjorok ke sungai ambruk.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (6/2/2018), beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena pemilik rumah telah berada di luar rumah saat kejadian.

Luapan air Sungai Ciliwung ini masuk ke dalam rumah warga di Kedung Halang, Kota Bogor. Warga berupaya menyelamatkan rumah mereka dengan membuat tanggul agar tak terendam air. Namun, sekitar 50 unit rumah warga tetap terendam. Rata-rata adalah rumah yang berada tepat di bibir sungai.

Belum ada tempat pengungsian yang ditetapkan BPBD setempat untuk para korban banjir. Warga sebagian besar tetap di rumah dan sebagian mengungsi ke sekretariat RW setempat.

Derasnya aliran air Sungai Ciliwung juga membawa berbagai jenis sampah yang menumpuk di jembatan Situ Duit Warung Jambu, Kota Bogor. Alat berat harus dikerahkan Pemkot Bogor untuk mengangkat tumpukan sampah dan jalur lalu lintas di sekitar lokasi ditutup sementara.

"Ini ada arus sampah yang menumpuk dan airnya ini nyaris tumpah ke jalan akibat sampah ini. Sampah ini berasal dari atas sepertinya," kata Wali Kota Bogor Bima Arya.

Hujan deras sepanjang hari Senin menyebabkan banjir di 16 titik wilayah Kota Bogor. Petugas BPBD terus melakukan pendataan terkait jumlah warga yang rumahnya terendam banjir.