Sukses

Puluhan Warga Mengungsi Akibat Tanah Ambles di Semarang

Tanah di kampung ini ambles setengah meter hingga dua meter.

Fokus, Semarang - Puluhan warga dari 12 KK Dusun Bendo, Desa Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang kini masih mengungsi akibat bencana tanah ambles yang terjadi sejak sebulan lalu.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Kamis (1/2/2018), mereka tinggal di rumah tetangga mereka yang rumahnya masih aman. Warga diminta mengungsi karena takut kondisi tanah ambles makin memburuk. Tanah di kampung ini ambles setengah meter hingga dua meter.

Warga yang mengungsi tetap pulang ke rumah pada pagi hingga sore untuk mengurus ternaknya. Mereka kembali ke pengungsian pada malam hari.

"Kita diimbau untuk mengungsi semua di sini. Katanya mau diberi garis police line nggak boleh di sini. Hewan ternak mau diungsikan juga semua," ungkap Hendro salah satu warga korban tanah ambles.

Warga masih menunggu keputusan PTPN IX memberi ganti rugi Rp 50 juta kepada setiap rumah yang ambles. Peristiwa pergerakan tanah ambles terjadi setelah diguyur hujan deras. Sejumlah titik di lahan PTPN IX yang ambles dan terus merembet ke rumah rumah penduduk.