Sukses

Istana Pastikan Keamanan Jokowi Terjamin Selama di Afghanistan

Presiden Jokowi tidak khawatir dengan ancaman teror yang belakangan terjadi di Afghanistan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan keamanan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap terjamin selama kunjungan kerja di Afghanistan. Menurutnya, pemerintah Afghanistan sudah memberikan pengamanan ekstra kepada Jokowi selama berada di negara tersebut.

"Sejauh informasi yang saya terima dari Komandan Paspampres, dari pihak Afghanistan sendiri sudah sangat-sangat maksimal dengan mekanisme pengamanannya," kata Pratikno di kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Jokowi, ucap Pratikno, tidak khawatir dengan ancaman teror yang belakangan terjadi di negara tersebut. Oleh sebab itu, Jokowi tetap melakukan kunjungan kenegaraan ke Afghanistan.

"Pak Presiden bersikeras ingin ke sana ya," ucap dia.

Presiden Jokowi terus melanjutkan kunjungan kerja ke Asia Selatan. Sebelum ke Afghanistan, Jokowi lebih dulu mengunjungi Bangladesh. Jokowi berkunjung ke Afghanistan hari ini, Senin (29/1/2018). Kunjungan itu akan berlangsung selama sehari. 

Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo rencananya akan melakukan serangkaian kegiatan di Afghanistan. Di antaranya berkunjung ke Istana Presiden Arg.

"Di Istana ini, Jokowi disambut Presiden Ashraf Ghani. Selanjutnya Jokowi akan mengikuti serangkaian kegiatan kenegaraan, yaitu pertemuan bilateral," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengunjungi Istana Darul Aman

Jokowi juga diagendakan bertemu High Peace Council (HPC) Afghanistan di Istana Haram Sarai. Kemudian, Presiden akan mengikuti jamuan santap siang bersama di Istana Presiden Arg.

Sore harinya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mengunjungi Istana Darul Aman, yang menjadi agenda penutup di Afghanistan.

"Dari Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan akan kembali ke Tanah Air," ucap Bey.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Afghanistan, yakni Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/KPN Andri Hadi, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.