Sukses

Jemaah Masjid di Afghanistan Ditembaki Pria Bersenjata Antek ISIS, 6 Orang Tewas

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Abdul Mateen Qani mengatakan "seorang bersenjata tak dikenal menembaki jemaah sipil di sebuah masjid" sekitar jam 9 malam.

Liputan6.com, Herat - Sebuah masjid di Afghanistan kembali jadi sasaran serangan bersenjata dan mengakibatkan sejumlah orang tewas.

"Seorang pria bersenjata menyerbu sebuah masjid di Afghanistan barat dan menewaskan enam orang," kata juru bicara pemerintah seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (1/5/2024).

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Abdul Mateen Qani mengatakan "seorang bersenjata tak dikenal menembaki jemaah sipil di sebuah masjid" sekitar jam 9 malam (16:30 GMT) pada hari Senin (30/4) di kota Andisheh di Distrik Guzara Provinsi Herat.

"Enam warga sipil menjadi martir dan satu warga sipil terluka," tulis Menteri Abdul Mateen Qani di platform media sosial X pada Selasa (1/5) pagi.

Bakhtar News Agency yang dikelola pemerintah memberikan jumlah korban tewas yang sama dalam serangan itu. Mengutip sumber lokal, saluran media lokal Tolo melaporkan bahwa masjid tersebut milik komunitas minoritas Syiah di Afghanistan.

Seorang pemimpin salat, yang dikenal sebagai Imam, juga tewas dalam serangan itu, kata laporan media lokal.

Kedutaan Besar Iran di Kabul mengutuk serangan itu.

Pada hari Selasa (30/4) malam, kelompok bersenjata ISIL (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Cabang regional ISIS merupakan ancaman keamanan terbesar di Afghanistan dan sering menargetkan komunitas Syiah.

Pemerintah Taliban telah berjanji untuk melindungi agama dan etnis minoritas sejak kembali berkuasa pada Agustus 2021, namun para pemantau hak asasi manusia mengatakan mereka tidak berbuat banyak untuk memenuhi janji tersebut.

Serangan paling terkenal yang terkait dengan ISIS sejak pengambilalihan Taliban terjadi pada tahun 2022, ketika setidaknya 53 orang – termasuk 46 anak perempuan dan perempuan muda – terbunuh dalam bom bunuh diri di sebuah pusat pendidikan di lingkungan Syiah di Kabul. Pejabat Taliban menyalahkan ISIS atas serangan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penguasa Baru Kabul Klaim Telah Lenyapkan ISIS dari Afghanistan

Penguasa baru Kabul mengklaim telah melenyapkan ISIS dari Afghanistan, dan sangat sensitif terhadap anggapan bahwa kelompok tersebut telah menemukan tempat berlindung yang aman di negara tersebut sejak penarikan pasukan asing.

Pihak berwenang Taliban sering kali memberikan jumlah korban jiwa yang lebih rendah dibandingkan sumber lain setelah pemboman dan serangan senjata, sebagai upaya untuk meremehkan ancaman keamanan.

Sebuah laporan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dirilis pada bulan Januari mengatakan telah terjadi penurunan serangan ISIS di Afghanistan karena "upaya kontra-terorisme oleh Taliban". Namun laporan tersebut juga mengatakan ISIS masih melakukan perekrutan "substansial" di negara tersebut dan bahwa kelompok bersenjata tersebut memiliki “kemampuan untuk memproyeksikan ancaman ke wilayah tersebut dan sekitarnya".

Cabang ISIS yang mencakup Afghanistan, Pakistan dan Asia Tengah mengaku bertanggung jawab atas serangan bulan Maret di tempat konser Balai Kota Crocus di Moskow, yang menewaskan lebih dari 140 orang. Ini merupakan serangan paling mematikan di Rusia dalam dua dekade terakhir.

3 dari 4 halaman

Ulama Tersohor Taliban Afghanistan Ditembak Saat Pimpin Salat Isya di Pakistan

Sebelumnya, seorang ulama ternama Taliban dilaporkan tewas diserang sekelompok orang bersenjata.

Pemerintahan Taliban di Afghanistan, Jumat 19 April 2024 mengonfirmasi bahwa salah satu ulama terkemuka mereka dibunuh oleh penyerang tak dikenal di negara tetangga, Pakistan. 

Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan mematikan itu.

Melansir VOA Indonesia, Sabtu (20/4/2024), korban yang diidentifikasi sebagai Mohammad Omar Jan Akhundzada, sedang memimpin salat Isya di sebuah masjid di Kota Quetta, Pakistan barat daya, pada hari Kamis (18/4) ketika orang-orang bersenjata menyerbu dan menembaknya hingga tewas. Pelaku kemudian melarikan diri, menurut polisi setempat.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan pada hari Jumat (19/4) di platform media sosial X bahwa Akhundzada adalah bagian dari komite pengawasan pemerintah yang terdiri dari para cendekiawan muslim terkemuka dan mengajar di madrasah "jihadi" pusat di Kota Kandahar, Afghanistan selatan. Mujahid juga mencuit foto korban tersebut.

Berbagai sumber di Afghanistan melaporkan bahwa cendekiawan yang dibunuh itu adalah penasihat senior pemimpin tertinggi Taliban yang tertutup, Hibatullah Akhundzada, yang berbasis di Kandahar dan memerintah Afghanistan dari sana melalui fatwa yang berakar pada interpretasi ketatnya terhadap Islam.

Seorang pejabat senior Taliban menjelaskan bahwa komite pengawas terdiri dari ulama terkemuka dan bertanggung jawab untuk meninjau berbagai peraturan sebelum diterapkan untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

4 dari 4 halaman

Ledakan Bom Bunuh Diri di Kota Kandahar Afghanistan Tewaskan 3 Orang, ISIS Klaim Dalangnya

Serangan yang diklaim ISIS di Afghanistan sebelumnya terkait ledakan bom bunuh diri. Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam peristiwa tersebut.

"Setidaknya tiga orang tewas dan 12 lainnya terluka dalam serangan bom bunuh diri di depan sebuah bank di kota Kandahar, Afghanistan," menurut polisi dan pejabat setempat seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (22/3/2024). 

Kelompok ISIL (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan hari Kamis di saluran Telegramnya.

Ledakan yang terjadi sekitar pukul 08:00 (03:30 GMT) menyasar sekelompok orang yang menunggu di luar cabang New Kabul Bank di pusat kota Kandahar.

Polisi setempat dan pejabat Taliban mengatakan tiga orang tewas dan 12 lainnya luka-luka.

Sebuah sumber di sebuah rumah sakit besar di kota selatan mengatakan jumlah korban jiwa jauh lebih tinggi, kantor berita AFP melaporkan.

"Rumah Sakit Mirwais telah menerima 20 orang yang tewas sejak pagi ini akibat ledakan tersebut," kata sumber tersebut kepada AFP yang enggan disebutkan namanya karena takut akan pembalasan karena berbicara kepada media.

Inamullah Samangani, direktur informasi dan kebudayaan Provinsi Kandahar, mengatakan bank sedang sibuk mengumpulkan gaji ketika ledakan terjadi.

"Biasanya rekan-rekan kami berkumpul di sana untuk mengambil gaji mereka," katanya, seraya menambahkan bahwa "korbannya adalah warga sipil".

Salah satu korban, Khalil Ahmad, ayah delapan anak berusia 40-an, pergi ke bank untuk mengambil gajinya, kata keponakannya saat pemakamannya Kamis malam.

"Dia hanyalah seorang pria biasa dan sederhana; dia dulu bekerja sebagai pelukis,” kata Mohammad Shafiq Saraaj, saat kerabat Ahmad berkumpul di sekitar jenazahnya yang dibungkus kain putih untuk dimakamkan.

“Insiden seperti itu dulu terjadi pada pemerintahan sebelumnya… dan sekarang hal serupa juga terjadi," kata Saraaj.

"Kami mohon agar keamanan tetap terjaga dengan baik di negara ini dan terutama di tempat-tempat ramai, dan agar negara kami diselamatkan dari tragedi semacam ini."

Pasca ledakan, otoritas Taliban mengepung area di luar bank dan tidak mengizinkan pekerja media mendekati lokasi tersebut.

Samangani mengatakan pada Kamis (21/3) pagi bahwa "situasinya terkendali" di salah satu rumah sakit di kota tempat korban luka diangkut, sambil menyangkal adanya kebutuhan mendesak untuk donor darah seperti yang beredar di media sosial.

"Tidak ada masalah seperti itu, dan orang-orang yang terluka tidak berada dalam kondisi serius; mereka mengalami luka ringan," katanya dalam pesannya kepada wartawan.

Pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada tinggal di Kandahar, kota terbesar kedua di negara itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini