Sukses

Anies Ingin Pasar Senen Jadi Destinasi Wisata Indonesia

Menurut Anies, turis akan tertarik menikmati suasana pasar. Sebab, pasar mengandung unsur budaya khas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meresmikan Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat. Pasar tersebut sebelumnya terbakar pada 19 Januari 2014 dan baru selesai dibangun kembali oleh PD Pasar Jaya menggunakan APBD DKI.

Dalam sambutannya, Anies mematok harapan tinggi bagi Pasar Senen. Ia berencana menjadikan pasar tersebut destinasi wisata budaya.

"Pasar adalah salah satu ciri kebudayaan Indonesia, Pasar Senen harus bisa jadi salah satu ikon wisata pasar di Indonesia," kata Anies di Pasar Senen, Jumat (29/12/2017).

Menurut dia, turis akan tertarik menikmati suasana pasar. Sebab, pasar mengandung unsur budaya khas Indonesia.

"Pasar Senen lokasinya sangat strategis. Ke depan, kami ingin pasar juga jadi salah satu tujuan wisata. Datang ke Pasar Senen untuk merasakan keindonesiaan, merasakan kebudayaan kita," ujar Anies

Ia mengatakan, wisatawan yang datang ke Indonesia bukan lagi hanya ingin melihat keindahan alam, melainkan ingin merasakan kebudayaan di Indonesia.

Mantan Mendikbud itu meminta Direktur Utama PD Pasar Jaya untuk menyiapkan tanda-tanda penunjuk bagi wisatawan yang berkunjung ke Pasar Senen.

"Jangan hanya tanda untuk orang kita tapi siapkan untuk wisatawan. Kalau mereka ikut belanja, menggerakkan ekonomi juga dan pasti ada pengalaman unik," tandas Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resmikan Pasar Senen

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meresmikan Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat. Pasar tersebut sebelumnya terbakar pada 19 Januari 2014 dan baru selesai dibangun kembali oleh PD Pasar Jaya menggunakan APBD DKI.

"Pasar DKI harus bisa jadi pasar efisien biaya, transaski murah. Dengan murah maka insyaallah biaya yang harus ditanggung penjual dan pembeli menurun," kata Anies di Pasar Senen, Jumat (29/12/2017).

3 dari 3 halaman

Berpihak pada Rakyat Kecil

Anies berharap, Blok III Pasar Senen menjadi pasar komersial yang berpihak pada rakyat kecil.

"Kita harap pasar bisa jadi pasar profesional, tapi keberpihakannya jelas bagi warga Jakarta. Selain itu, aspirasi pedagang insyaallah akan kita laksanakan, kalau perlu segera," ucap Anies.

Mantan Mendikbud itu meminta penjual dan pembeli menjaga kebersihan. Dengan begitu, Pasar Senen bisa menjadi ikon wisata budaya Indonesia.

"Mohon dijaga kebersihannya, kita Indonesia gampang buat bangunan baru. Tantatangannya perawatan. Pasar Senen harus bisa jadi salah satu ikon wisata pasar Indonesia," kata Anies.

Diketahui, pasar tersebut terdiri dari tujuh lantai dengan jumlah tempat usaha sebanyak 385 unit. Selain Blok III Pasar Senen, hari ini juga diresmikan empat pasar rakyat lainnya, yaitu Pasar Sinar, Pasar Bidadari, Pasar Cawang Kavling dan Pasar Karet Belakang (Karbela).

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.