Sukses

13 Ribu Lebih Kendaraan Melintas di Tol Pejagan - Brebes Timur

Kasatlantas Polres Brebes memprediksi, arus puncak lalu lintas kendaraan akan terjadi pada Jumat malam ini hingga Sabtu dini hari.

Liputan6.com, Brebes - Berdasarkan data dari kepolisian, sekitar 13 ribu kendaraan yang didominasi mobil pribadi melintas di ruas tol Pejagan - Brebes Timur pada hari ini, Jumat (22/12/2017) pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB. Padatnya kendaraan yang melintas di jalur tol itu membuat antrean cukup panjang di pintu tol Brebes Exit (brexit) hingga mencapai 1 kilometer.

Volume kendaraan jelang libur panjang Natal dan tahun baru ini meningkat hingga tiga kali lipat lebih di hari biasanya yang hanya antara 3 ribu hingga 4 ribu kendaraan.

Begitu juga jumlah kendaraan yang melintas di jalur pantura dari arah barat (Jakarta) ke timur (Semarang) hari Jumat ini mengalami peningkatan hingga 20 persen dibanding hari biasanya.

"Memang arus lalu lintas pada Jumat pagi hingga malam ini ada peningkatan. Terutama di jalur tol Pejagan - Brebes Timur keluar di brexit. Tercatat belasan ribu kendaraan sudah melintas di sana sampai saat ini," ucap Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, Jumat (22/12/2017).

Ia menambahkan, meski terjadi antrean panjang kendaraan yang akan keluar di pintu tol Brexit, arus lalu lintas relatif ramai lancar.

"Kalaupun ada yang tersendat di beberapa titik itu seperti di pertigaan atau persimpangan jalan. Dan juga warung-warung makan di sepanjang jalur pantura," kata Sugiarto.

Kapolres menyebut, kepadatan arus lalu lintas yang terjadi baik di jalur pantura ataupun tol didominasi pemudik baik menggunakan mobil pribadi ataupun bus dari arah Jakarta menuju berbagai kota di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

Hingga saat ini, Satlantas Polres Brebes terus melakukan penarikan arus kendaraan keluar tol untuk menuju jalur Pantura. Di pertigaan pintu tol Brebes Exit, polisi memberlakukan buka tutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puncak Mudik Natal

Kasatlantas Polres Brebes AKP Rikha Zulkarnain memprediksi, arus puncak lalu lintas kendaraan akan terjadi pada Jumat malam ini hingga Sabtu 23 Desember 2017 dini hari.

Rikha mengatakan, seluruh anggota Satlantas Polres Brebes saat ini terus bersiaga 24 jam. Utamanya di pertigaan Brexit yang menjadi pertemuan arus lalu lintas kendaraan yang keluar dari tol dan jalur pantura.

"Petugas di Brexit nggak kenal lelah, mereka full time membantu masyarakat pemudik yang sedang dalam perjalanan. Dengan menggunakan pengeras suara polisi selalu mengingatkan terkait keselamatan dan informasi update lalu lintas terkini," beber dia.

 

 

3 dari 3 halaman

Laju Kendaraan 20 hingga 30 KM per Jam

Sementara di Kota Tegal, kepadatan terlihat sejak dari perbatasan Brebes-Kota Tegal hingga di depan Terminal Kota Tegal.

Karena arus lalu lintas ramai dan padat, laju kendaraan hanya sekitar 20 hingga 30 KM per jam. Pemudik pun diimbau bersabar dan selalu senantiasa hati-hati. Karena setelah melewati perjalanan panjang via tol dari Jakarta ke luar tol Brexit.

Saat memasuki Kota Tegal, jika kondisi macet polisi juga memberlakukan rekayasa lalu lintas contra flow sejauh 5 kilometer hingga ke Terminal Kota Tegal secara situasional.

Di depan terminal Kota Tegal, polisi mengalihkan sebagian kendaraan kendaraan dari arah Jakarta ke Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) dan keluar di Jalan Martoloyo untuk mencegah terjadinya kemacetan ataupun antrean kendaraan panjang.

Selepas melalui Jalingkut, arus lalu lintas mulai terurai hingga memasuki wilayah Kabupaten Tegal ke arah Semarang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.