Sukses

Saat Bakso, Sate dan Wedang Jahe Jadi Idola Warga Ukraina

Salah satu momen yang menyorot perhatian dalam acara tersebut yaitu adanya Parade bendera dari berbagai negara.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya mempopulerkan Kebudayaan Indonesia terus dilakukan oleh sejumlah Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di beberapa negara. Salah satunya dilakukan oleh KBRI Kyiv, di Ukraina.

Untuk mempopulerkan warisan budaya, KBRI Kyiv berpartisipasi dalam sebuah perhelatan bertaraf internasional yaitu Charity Bazaar 2017 yang diselenggarakan oleh International Women’s Club of Kyiv, di Ukraina.

Dalam acara itu, KBRI Kyiv bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) menggelar berbagai kegiatan mulai dari promosi kuliner asli Indonesia, pagelaran tari tradisonal Indonesia, parade bendera oleh anak-anak Indonesia di Kyiv, serta penjualan souvenir.

"Karena ini merupakan Bazaar amal, maka hasil keuntungan disumbangkan untuk kemanusiaan bagi anak-anak dan kalangan kurang mampu di Ukraina," ucap Dubes RI untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/12/2017).

Salah satu momen yang menyorot perhatian dalam acara tersebut yaitu adanya Parade bendera, yaitu pawai anak-anak dari berbagai negara dengan baju tradisionalnya masing-masing.  Anak anak Indonesia diwakili oleh Luna Kievia dan Keysha Azzahra Prasetyoko dengan mengenakan baju adat Minangkabau dan jawa.

Usai Parade Bendera, pengunjung disajikan dengan berbagai jajanan khas berbagai negara peserta. Stand Indonesia menawarkan antara lain dadar gulung, sate, nasi goreng, bakso, kue putu pisang, wedang jahe serta kunyit asam yang rasanya asli seperti di tanah air.

Rasa penasaran pengunjung tentang Indonesia menjadikan stand Indonesia menjadi salah satu stand yang tersibuk.

"Diantara makanan yang paling diminati adalah bakso, karena cocok dengan udara dingin di Kyiv," kata Yuddy. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampilkan Tari Bali

Sementara itu, Penanggung jawab kegiatan stand Indonesia yang juga Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud) KBRI Kyiv, Gatot A. Djemirin mengatakan acara Bazaar semakin semarak dengan penampilan penari-penari dari negara-negara peserta.

Indonesia mementaskan Tari Sintren dan Tari Bali Margapati yang dibawakan oleh Puput Ratri Widayani dan Ayesha Fatma Nandira yang juga merupakan putri Dubes Yuddy Chrisnandi.

"Kegiatan ini dilangsungkan di kota Kyiv secara rutin selama hampir 25 tahun. Bagi KBRI Kyiv, kegiatan ini menjadi ajang promosi budaya Indonesia bagi masyarakat Ukraina, khususnya kota Kyiv", tutup Gatot.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini