Sukses

Pilkada Jatim, PKB Minta Gus Ipul Segera "Gerilya"

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik keputusan PDIP mengusung Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Terlebih, PKB sudah lama menjagokan dan memberi dukungan ke Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.

Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Daniel Johan, mengaku bahagia dengan pilihan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyandingkan Anas dan Gus Ipul.

"PKB menyambut dengan hormat dan bahagia, PDIP telah menetapkan Azwar Anas sebagai cawagubnya, tentu itu pilihan terbaiknya PDIP. Anas sudah seperti kader dan sahabat PKB juga, sangat layak mendampingi kader PKB Gus Ipul," ujar Daniel di Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Setelah dideklarasikan, Daniel meminta agar Gus Ipul-Anas segera bergerilya pada basis masyarakat serta kantong-kantong suara di seluruh pelosok daerah di Jawa Timur.

Menurut dia, perjalanan dan perjuangan Gus Ipul-Anas masih panjang dan berat. Untuk itu, kata dia, tidak ada cara lain, kecuali segera mulai bergerak untuk merebut hati warga Jawa Timur.

"Sekali lagi, selamat kepada Gus Ipul dan Mas Anas, mari segera bergerak menangkan hati rakyat Jatim," kata Wasekjen PKB tersebut.

Daniel mengungkapkan, tak lama lagi PKB dan PDIP akan terus memperluas koalisi dengan partai politik yang lain, serta membicarakan mengenai penunjukan ketua tim sukses atau pemenangan yang akan menjadi komandan pemenangan Gus Ipul-Anas di Pilgub Jatim.

"Tentu setelah ini, PKB dan PDIP akan terus menjajaki koalisi dengan parpol yang lain. Untuk ketua tim pemenangan akan segera dibahas lebih lanjut oleh DPW," jelas Daniel.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Rapat Teknis

Usai diusung PDIP dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas menyambangi kantor PKB. Mereka melakukan silaturahmi dengan jajaran pengurus pusat partai tersebut.

Kedatangan keduanya disambut Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding. Ia mewakili ketidakhadiran Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang sedang berada di luar negeri.

Karding menyampaikan langkah selanjutnya yang akan dilakukan bersama PDIP. Langkah itu terkait konsolidasi kedua partai untuk memenangkan pasangan Saifullah-Azwar di Pilkada Jawa Timur 2018.

"DPP PKB dan PDIP akan segera melakukan koordinasi rapat teknis untuk mengambil langkah-langkah dan menyiapkan program-program untuk pemenangan pasangan ini," ujar Karding di Graha Gus Dur, Kantor PKB, Jakarta, Minggu 15 Oktober 2017.

Karding juga menyampaikan harapan partainya agar pasangan Cagub-Cawagub Jawa Timur Saifullah-Azwar bisa menjadi representasi dari Jawa Timur. Keduanya dianggap sebagai pasangan serasi dan representasi Indonesia.

"Kita berharap kedua pasangan ini menjadi pasangan merah-putih karena Jawa Timur adalah salah satu representasi negara Indonesia, representasi orang-orang nasionalis dan orang-orang agamis," ujar Karding.

Loading