Sukses

Indonesia-Laos Teken Kerja Sama Bidang Pendidikan hingga Narkoba

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith sepakat bekerja sama dalam tiga bidang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith sepakat bekerja sama dalam tiga bidang. Ada tiga nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani Indonesia-Laos di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/10/2017).

Salah satunya adalah kerja sama dalam penanganan penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan ilegal. Penandatanganan MoU itu diwakili Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso dan salah satu pejabat Laos.

Indonesia dan Laos juga akan bekerja sama di sektor sosial dan budaya, serta terkait pengembangan teknologi serta perguruan tinggi.

Selanjutnya, Indonesia dan Laos juga memperkuat kerja sama bilateral di sektor investasi, pertahanan keamanan, dan sosial budaya.

"PM Thonglun dan saya telah memfokuskan diskusi untuk memperkuat kerja sama beberapa bidang prioritas, yaitu perdagangan investasi, pertahanan keamanan, serta sosbud," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Kamis (12/10/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap agar apa yang telah ditandatangani tersebut dapat segera ditindaklanjuti.

"Saya percaya bahwa hubungan bilateral sangat baik antara kedua negara selama 60 tahun dan masa yang akan datang harus dapat dinikmati rakyat kedua negara. Karena itu, kita akan terus meningkatkan kerja sama demi untuk kemakmuran masyarakat kedua negara," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi dan PM Laos juga menyepakati untuk menuntaskan krisis kemanusiaan yang terjadi pada etnis Rohingya di Myanmar.

"Yang mulia, dalam pertemuan tadi kita telah membahas isu ASEAN dan kawasan dan kita telah sepakat membantu penyelesaian permasalahan di Rakhine State Myanmar," ujar Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Laos ialah salah satu negara yang berada di Asia Tenggara
    Laos ialah salah satu negara yang berada di Asia Tenggara

    Laos