Sukses

Kapan Panda Cai Tao dan Hu Chun Bisa Dilihat di Taman Safari?

Sebelum menetap di Taman Safari, Panda Cai Tao dan Hu Chun lebih dulu dikarantina.

Liputan6.com, Jakarta Sepasang Panda bernama Cai Tao dan Hu Chun asal Tiongkok telah tiba Jakarta pagi tadi. Nantinya dua hewan langka itu akan ditempatkan di Taman Safari Bogor Jawa Barat.

Namun, sebelum resmi menetap di sana, Cai Tao dan Hu Chun akan lebih dulu di karantina sebagai bagian dari penyesuaian kondisi dan wilayah baru.   

Lalu, kapan sepasang hewan bernama latin Ailuropoda melanoleuca itu resmi bisa disaksikan warga?

Direktur PT Taman Safari Indonesia Jansen Manangsang mengatakan pihaknya memastikan hewan tersebut dapat disaksikan publik paling lama awal tahun depan.

"Perlu dikarantina dulu kira-kira selama satu bulan semenjak kedatangannya. Mungkin sekitar akhir Oktober atau awal November," ujar Jansen Manangsang, di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (28/9/2017).

Pihaknya menjamin sepasang panda hasil pengembangbiakan China Conservation Research Center for the Giant Panda (CCRCGP) itu akan merasa nyaman di Taman Safari. Sebab persiapan menyambut kedua Panda itu sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. 

"Kan rencananya sempat tertunda beberapa tahun, dan baru terealisasi tahun ini. Kami sudah mempersiapkannya sejak 2014," kata Jansen.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Rumah Spesial

 

Rumah panda yang sudah dipersiapkan tersebut ditumbuhi lebih dari 20 jenis tanaman bambu, makanan kesukaan panda. Dengan area dengan luas sekitar 1.300 meter, sepasang panda diharapkan bisa hidup senyaman seperti di habitat aslinya.

Nantinya, Taman Safari diminta melaporkan kepada KLHK terkait perkembangan kehidupan Giant Panda di habitat barunya.

Sehingga keberadaannya di Indonesia diharapkan sehat dan bisa berkembang biak dengan baik. 

Seperti diketahui, kedua panda adalah Cai Tao, giant panda jantan berusia tujuh tahun dengan bobot 128 kg, tiba bersama si betina Hu Chun berbobot 113 kg. Mereka akan menjadi penghuni baru Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.