Sukses

Jelang HUT RI, Warga Sulteng Gelar Lomba Tangkap Tikus

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, warga Desa Pudai, Sulawesi Tenggara, menggelar lomba tangkap tikus.

Fokus, Sulawesi Tenggara - Puluhan warga yang bermukim di Desa Pudai, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Rabu 9 Agustus 2017 pagi turun ke sawah. Warga berkompetisi menangkap tikus dalam rangka perlombaan guna memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Kamis (10/8/2017), peserta lomba sangat antusias dan bersemangat dalam mengumpulkan tikus. Berbagai alat bantu digunakan untuk memudahkan warga dalam menangkap tikus. Para petani membuat bom asap yang bahan dasarnya dari belerang atau dikenal dengan bom asap tiran.

Perlombaan ini sengaja dihelat panitia karena hampir 90 persen warga di daerah berprofesi sebagai petani dan desa ini pernah dilanda gagal panen akibat serangan hama tikus.

Tikus yang didapat para peserta lomba kemudian dihitung. Peserta yang terbanyak mendapatkan tikus akan meraih gelar juara dan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan perlengkapan alat rumah tangga.