Sukses

DPD Tinjau Kesiapan Pelayanan Jemaah Haji Indonesia di Mekah

Ada beberapa solusi yang sudah dipersiapkan agar ibadah haji tahun ini berlangsung lebih baik.

Liputan6.com, Mekah - Rombongan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite III yang dipimpin Fahira Idris meninjau kesiapan pelayanan jemaah haji Indonesia di Mekah, Arab Saudi. Kunjungan tersebut disambut oleh Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Kepala daerah kerja (daker) Mekah Nasrullah Jassam.

Tinjauan tersebut dilakukan untuk melakukan pengawasan hingga ke 11 sektor daker Mekah yang tersebar di 6 wilayah Kota Mekah.

"Semoga kesabaran melimpah ruah kepada bapak ibu sekalian, karena melakukan tugas negara dan tugas Allah SWT dalam melayani jemaah haji. Kami DPD ingin meminta penjelasan dari bapak ibu sekalian," ujar Fahira Idris membuka pertemuan di Ruang Rapat PPIH Daker Makkah, Sabtu (29/7/2019).

Fahira berharap, indeks kepuasan jemaah tahun ini dapat meningkat dan melawati 83,3 persen. Menurutnya, tahun lalu sangat memuaskan.

Dia pun memberi catatan yang bisa dilakukan agar bisa memenuhi kepuasan jemaah, antara lain meningkatkan wawasan jemaah tentang manasik, katering, dan pelayanan transportasi dari Mekah saat puncak haji di Armina.

Menanggapi catatan tersebut, Kepala Daker Mekah Nasrullah Jassam mengaku telah mencermati persoalan tahun lalu. Ada beberapa solusi yang sudah dipersiapkan agar tahun ini berlangsung lebih baik.

"Kami sudah sudah tidak lagi memakai lima katering yang tahun lalu dirasakan kurang memuaskan. Soal transportasi, itu adalah di bawah kewenangan Muasasah Arab Saudi," tegas Nasrullah.

Selain itu, jemaah Mekah akan didampingi Konsultan Ibadah Haji Kemenag Prof Aswadi, yang senior dan pakar di bidangnya.

Menyikapi hal tersebut, Fahira sangat mengapresasi kesigapan panitia Daker Mekah. "Kami percaya dan turut mendoakan agar para jamaah bisa menjalankan tugas dengan baik," kata Fahira. ​

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.