Sukses

Menteri Basuki Kunjungi Panasonic Technology Center

Menurut menteri Basuki tur teknologi ini sangat menginspirasi terlebih bagi generasi muda.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menghadiri Seminar Japan Global Exchange Forum for Housing, Building and Urban Development, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terlebih dahulu mengunjungi Panasonic Technology Center yang berlokasi di Odaiba, 30 Km dari Tokyo. Menteri Basuki mendapatkan penjelasan mengenai teknologi ramah lingkungan terbaru dan rumah masa depan.

Menurut Basuki tur teknologi ini sangat menginspirasi terlebih bagi generasi muda. Kemajuan teknologi adalah keniscayaan, sehingga masyarakat harus disiapkan untuk teknologi masa depan. Apalagi tahun 2018 Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-18.

Terkait hajatan Asian Games ini, Presiden Joko Widodo telah menugaskan Kementerian PUPR untuk mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung event olahraga se-Asia tersebut yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Infrastruktur seperti renovasi dan rehabilitasi venue olahraga, pembangunan wisma atlet, penataan kawasan dan infrastruktur lainnya juga mengadopsi penggunaan teknologi.

"Kebutuhan air conditioner di wisma atlet dan lampu LED untuk penerangan Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) yang memerlukan teknologi yang ramah lingkungan. Pengadaannya semua dilakukan dengan lelang terbuka. Kami mengutamakan produk dalam negeri atau paling tidak perusahaan yg memiliki pabrik di Indonesia," jelasnya

Tak lupa, Menteri Basuki menyampaikan apresiasinya atas bantuan Pemerintah Jepang berupa hibah sistem pengamanan di Stadion GBK. Untuk pemanfaatan teknologi panel surya, Kementerian PUPR juga berkeinginan untuk menerapkan teknologi serupa di bendungan yang sedang dibangun.

Dalam kunjungan tersebut juga disampaikan bagaimana Panasonic terus mengembangkan teknologi melalui penelitian terapan yang mendengarkan masukan kebutuhan konsumennya. Hal tersebut sangat penting bagi Kementerian PUPR sebagai organisasi yang dinamis untuk menggunakan pendekatan penelitian terapan sehingga hasil penelitiannya mendorong pembangunan infrastruktur yang kualitasnya lebih baik dan lebih cepat.

 

Powered By:

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.