Sukses

Hanya 3 Halte Difungsikan Saat Peresmian Koridor 13 Transjakarta

Menurut Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, bila harus menunggu ke-12 halte siap akan butuh waktu lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan, peresmian pengoperasian Koridor 13 Transjakarta rute Tendean-Ciledug akan dilakukan bertepatan dengan HUT ke-72 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang. Hanya saja, halte yang dapat beroperasi cuma tiga.

"Kita evaluasi. Tiga halte itu kan sebetulnya dari ujung ke ujung sama tengah-tengah. Kalau bisa empat, ya empat halte. Tapi minimal Koridor 13 sudah bisa difungsikan, dioperasikan (17 Agustus)," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (10/7/2017).

Menurut dia, bila harus menunggu ke-12 halte siap, akan membutuhkan waktu lebih lama. "Daripada nanti menunggu 12 halte, tapi lama. Jadi yang sudah ada saja," ucap Djarot.

Sebelumnya, peresmian urung dilakukan bertepatan dengan HUT ke-490 Jakarta pada Kamis, 22 Juni 2017. Itu terjadi karena belum diterbitkannya Sertifikat Layak Fungsi (SLF) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain itu, saat ini lampu penerangan jalan juga tengah dipasang. Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta mengalokasikan anggaran senilai Rp 14 miliar untuk memasang 300 titik lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang Koridor 13.

"Kemarin kita sudah tanda tangan kontrak perjanjian senilai Rp 14 miliar sekian," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Yuli Hartono, pada Minggu, 9 Juli 2017.

Ia menjelaskan, anggaran itu disiapkan untuk 300 titik penerangan PJU di bagian atas maupun bawah jalur Koridor 13 Transjakarta. Hingga kini, lampu jalan yang telah terpasang di sepanjang koridor tersebut baru sebanyak 40 titik.

"Masih banyak yang belum terpasang. Karena yang 40 titik ini hanya untuk sementara," kata Yuli seperti dikutip dari BeritaJakarta.

Dia menambahkan, 300 titik lampu PJU yang akan dipasang di sepanjang Koridor 13 Transjakarta ini telah menggunakan Light Emitting Diode (LED).

Selain Koridor 13 Transjakarta, pada 17 Agustus juga akan diresmikan proyek strategis lainnya, yakni Simpang Susun Semanggi.


Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.