Sukses

Pelaku Bom Panci Bandung Terobsesi Masuk ISIS Filipina

Namun, sebelum rencananya itu terealisasi, bom meledak di kamar kontrakan.

Liputan6.com, Bandung - Terduga pelaku bom panci di Buahbatu, Kota Bandung, Agus Wiguna (22) berniat ingin masuk ke kelompok teroris ISIS.‎ Hal itu diungkapkan Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bambang Purwanto, setelah pihaknya selesai memeriksa Agus.

"Menurut interogasi anggota, setelah meledakkan, dia mau bergabung dengan ISIS yang di Filipina. Jadi dia terobsesi untuk itu," kata Bambang di lokasi ledakan, Minggu (9/7/2017).

Bambang mengatakan, Agus telah berencana meledakkan bom panci yang telah disiapkannya d‎i tiga lokasi berbeda. Lokasi tersebut yakni Gereja di kawasan Buahbatu, salah satu rumah makan di Astana Anyar, dan salah satu kafe di Jalan Braga.

Namun, sebelum rencananya itu terealisasi, bom meledak di kamar kontrakan Agus yang beralamat di Jalan Kubang Bereum, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, Jabar, Sabtu 8 Juli sekitar pukul 15.30 WIB. Bom tersebut disiapkan Agus sejak sebulan lalu.‎

"Targetnya memang ke beberapa lokasi yang direncanakan. Keterangan itu dari tulisan-tulisan dia," kata Bambang.

Dari hasil pemeriksaan sementara, lanjut Bambang, Agus sejauh ini akan meledakkan bom panci seorang diri. Namun, pihaknya akan terus memeriksa dan mendalami keterkaitan Agus dengan kelompok teroris lainnya.

"Masih dalam penyelidikan dan interogasi untuk mengetahui apakah individu atau jaringan mana. Tunggu satu atau dua hari, nanti disampaikan," ucap Bambang. 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.