Sukses

Polisi Temukan Surat Baiat di Kontrakan Pelaku Bom Panci Bandung

Dalam surat tersebut, pelaku bom panci Bandung menyatakan taat kepada Abu Bakar Al Baghdadi.

Liputan6.com, Jakarta Sepucuk surat ditemukan di rumah kontrakan AW, pelaku bom panci Bandung, Jawa Barat.

Surat tersebut diduga berisi pengakuan AW yang telah berbaiat kepada Khilafah Daulah Islamiyah, Abu Bakar Al Baghdadi.

"Saya berbaiat kepada Khilafah Daulah Islamiyah, Abu Bakar Al Baghdadi untuk taat dan patuh kepada perintahnya. Baik dalam keadaan senang, sedih, susah, lapang. Saya tidak mungkin merebut kekuasaan darinya," demikian isi surat itu.

Surat baiat pelaku bom panci Bandung kepada ketua ISIS ditemukan. (Liputan6.com/Hanz Jimenez Salim) Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto membenarkan soal penemuan sepucuk surat di rumah kontrakan AW. Menurut Rikwanto, pihaknya sampai saat ini masih mendalami isi surat tersebut.

"Untuk Surat. Sedang didalami, memang ditemukan di rumah kontrakan AW," kata Rikwanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (9/7/2017).

Sebelumnya, ledakan bom panci terjadi di salah satu kamar kontrakan di Kampung Kubang Beureum, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban tewas maupun terluka.

Menurut Kapolrestabes Bandung Kombes, Hendro Pandowo, saat ledakan bom panci terjadi, penghuni kamar tersebut tidak berada di lokasi kejadian.

Diduga bom panci Bandung itu meledak secara tiba-tiba karena ada kesalahan teknis.


Saksikan video di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.