Sukses

Menteri Ryamizard: 5 Menhan Akan Bahas ISIS di Tarakan

Pertemuan membahas soal ISIS ini digelar di Tarakan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu akan mengadakan pertemuan para menteri pertahanan negara tetangga di Tarakan, Kalimantan Utara. Pertemuan membahas perkembangan ISIS di Asia Tenggara, Apalagi kelompok itu masih menduduki Marawi, Filipina Selatan.

"Perkembangannya akan kita bahas 19 Juni kumpul Menhan Malaysia, Filipina, Indonesia, Singapura, dan dengan Brunei di Tarakan," kata Ryamizard di kantornya, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Menurut dia, selain membicarakan soal perkembangan, juga menjadi momentum untuk menunjukkan bahwa Indonesia telah siap menghadapi kelompok tersebut.

"Biar tahu, kalau ada apa-apa kita sudah siap," tegas Ryamizard.

Ryamizard menegaskan, pertemuan itu hanyalah bagian dari seperti apa perkembangan keadaan di negara masing-masing menghadapi ISIS.

Sementara itu, Menko Polhukam Wiranto juga memimpin rapat koordinasi terkait terorisme di Indonesia dan konflik Marawi Filipina di Sulawesi Utara.

"Kelompok Maute di Filipina merupakan kelompok jaringan ISIS. Sulawesi Utara berbatasan dengan Filipina, maka secara bersama-sama harus melakukan langkah koordinasi dalam membendung kemungkinan terobosan dari ISIS masuk Sulut," ujar Wiranto di Manado, Sulawesi Utara, Rabu 14 Juni 2017.

Wiranto menjelaskan, ancaman terorisme terhadap keamanan Indonesia mengalami perubahan. "Dulu ancamannya invasi dari negara lain namun sekarang ancamannya terorisme dan radikalisme. Ini harus dihadapi bersama oleh semua negara," ujar dia.

Wiranto menambahkan, karena berdampak buruk terhadap keamanan negara, maka terorisme ISIS merupakan musuh bersama.

 

 

 

 

Tonton video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.